Emak-emak menstarter motor menjadi viral di dunia maya. Dalam video yang beredar, terlihat sang ibu menstartet motor berkali-kali namun tak menyala juga. Apa yang salah?

Video itu sudah diposting di banyak akun Instagram. Termasuk salah satunya di akun @awreceh.id. Video itu memperlihatkan sang ibu, yang mengenakan jilbab hitam dengan baju kurung berwarna oranye.

Sang ibu terlihat berkali-kali mengengkol pedal starter motor yang terletak di bawah. Sepertinya kendaraan yang di engkol si ibu adalah Yamaha Mio dengan transmisi otomatis atau metik. Si ibu berkali-kali mengengkol dengan gerakan seperti lompat tali.

Kaki kanan mengengkol motor sedangkan kiri melompat sehingga pedal motor menjadi pijakan kaki kanan saat kaki kiri melompat. Namun usut punya usut, bukan itu yang menjadi bahan tertawaan netizen.

Motor metik biasanya bisa dinyalakan hanya dengan memencet tombol starter yang ada di dekat stang. Posisinya biasanya ada di dekat stang sebelah kanan, sejajar dengan putaran untuk nge-gas. Saat men-startet, posisi standar satu pada motor harus dalam posisi naik, tak boleh turun.

Motor si Ibu rupanya sudah distandar dua dan dia lupa bahwa standar satunya masih dalam posisi turun atau terbuka. Jika stang berada di posisi turun, maka sudah pasti starter tak akan menyala dan upaya engkol pun tak ada hasil.

Netizen lain menganggap sang ibu salah memegang stang. Saat mengengkol harusnya sang ibu memegang stang gas yang ada di sebelah kanan, namun dia malah memegang stang sebelah kiri, yang jelas-jelas tak berfungsi apa-apa.

Netizen banyak yang mengomentari ketidaktahuan sang ibu. Terlihat berkali-kali upaya engkol itu terus dilakukan tanpa hasil.

“Biar diulang berkali-kali tetap ngakak wkwkwkw,” komen followers Awreceh.

“Skill main lompat tali,” kata yang lain.

“Ampe taun jebot ga bakal nyala tu motor,” timpal lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here