otoDIVA.com – Lampu dashboard ternyata punya arti. Saat membeli baju, kamu tentu memperhatikan warnanya. Setiap warna mengandung arti sendiri, yang hanya diketahui oleh masing-masing pembeli. Misalnya, kamu selalu merasa cantik jika mengenakan baju berwarna biru. Tapi, terkadang hijau lebih cocok untuk dipakai jalan-jalan.

Nah, jika kamu perhatikan, lampu dashboard punya arti, itu sebabnya panel indikator pada dasbor mobil memiliki warna berbeda. Selain gambar yang ditampilkan, warna juga memiliki arti yang berbeda. Lampu berfungsi memberi informasi penting tentang kondisi mobil saat itu. Namun, tak semua orang tahu artinya.

Dilansir dari laman resmi Toyota, indikator adalah lambang atau lampu yang terletak pada panel instrumen, dan berfungsi memberi petunjuk ketika terjadi gangguan dalam mobil. Tujuannya, bukan untuk membuat suasana menjadi meriah ya, tapi agar segera ditangani dan diantisipasi.

Biasanya, lampu indikator memiliki tiga jenis warna yaitu, hijau, kuning dan merah. Mirip lampu lalu lintas? 100 buat kamu, sana ambil sepedanya. 😀

Warna yang berbeda, memiliki tingkat perhatian yang berbeda. Seperti halnya lampu lalu lintas, lampu indikator berwarna hijau menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

Sementara, warna kuning menandakan ada beberapa hal atau kondisi yang membutuhkan perhatian dari kamu. Jadi, jangan melulu fokus pada kecenya cowok yang duduk di sebelah sembari menggenggam tanganmu ya.

Sama halnya dengan lampu lalu lintas berwarna kuning, pengecekan atau pun sekadar peringatan untuk berhati-hati ditandai oleh lampu indikator dengan warna ini. Petunjuk dengan warna ini, masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara.

Sedangkan, lampu indikator berwarna merah menandakan kondisi yang cukup genting (rawan atau bahaya, bukan atap rumah). Ini menandakan sebuah peringatan yang mendesak, dan dapat berakibat fatal bagi mobil kamu. Jika warna ini muncul, segera berhenti dan secepatnya mengecek serta menyelesaikan masalahnya. (NS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here