Mengendarai motor merupakan hal yang menyenangkan dan bermanfaat untuk sehari-hari, tetapi kita harus tahu dulu cara mengendarai motor yang benar agar terhindar dari kecelakaan.

Mungkin sepeda motor terlihat menakutkan karena hanya mempunyai 2 roda. Padahal nyatanya tidak seseram itu, tetapi kita perlu keterampilan dan teknik dalam mengendarainya. Ada 4 cara yang harus kita lakukan sebelum mengendarai motor, yaitu:

Buatlah Surat Izin Mengemudi (SIM)

Jika ingin membuat SIM, kita perlu melakukan berbagai tes untuk mendapatkannya. Umumnya untuk membuat SIM A, SIM C, dan SIM D kita perlu berusia 17 tahun keatas. Sebelum melakukan tes, sebaiknya kita mengambil kelas berkendara dengan orang yang ahli terlebih dahulu. Hindari berkendara tanpa intruksi yang tepat. Kecelakaan sekecil apa pun biasanya akan menyebabkan cedera. Sama halnya, belajar dari teman pasti akan membingungkan dan dapat membuat kita kehilangan keterampilan yang penting yang hanya diajarkan oleh ahli. Bealajar mengendarai dari pelatih resmi akan sangat penting untuk kelangsungan hidup.

Mendaftar Kursus Keselamatan Berkendara

Kursus ini akan memastikan keterampilan kita seperti kopling, keseimbangan, dan manuver menghindari tabrakan. Selain itu, keterampilan dalam memindahkan gigi, memutar balik, dan mengubah jalur.

Membeli Perlengkapan Motor

Mengendarai sepeda motor memiliki banyak resiko. Berbeda dari mengendarai mobil, kecelakaan sepeda motor biasanya mengakibatkan cedera. Dengan pelatihan dan keterampilan serta memakai perlengkapan berkendara yang baik akan mengurangi resiko cedera. Perlengkapan pelindung sepeda motor yang memang dirancang untuk sepeda motor memastikan kenyamanan kita dan membantu melindungi kita dari cedera saat jatuh atau tabrakan dan juga dampak dari puing-puing. Perlengkapan yang diperlukan yaitu:

  • Helm
  • Jaket
  • Sarung tangan
  • Kacamata

Siapkan Mental dan Fisik

Setelah mengikuti pelatihan, kita harus menggunakan keterampilan yang sudah dipelajari dan percaya diri saat mengendarainya. Bersepeda motor adalah aktivitas fisik dan diluar ruangan. Saat kita maju, kita akan mengembangkan kekuatan otot, seperti otot tangan yang lebih kuat untuk pegangan yang tahan lama dan yang terpenting, kebugaran mental.

Berkendaralah dengan sepeda motor yang tepat, sepeda motor pun harus sesuai dengan kita. Kaki kita harus mencapai tanah saat kita duduk. Bangunlah kepercayaan diri sebagai pengendara baru dan kita perlu merasa bahwa kita menguasai motor, bukan sebaliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here