Sebagai pemilik sepeda motor, sudah kewajiban untuk memastikan bahwa sepeda motor yang kita punya layak dipakai dan tidak membahayakan diri sendiri, penumpang, pengguna jalan lain atau masyarakat umum. Servis sepeda motor yang lengkap akan memastikan setiap masalah mekanis, dan tentu saja sebelum masalah tersebut dapat memengaruhi pengoperasian sepeda motor kita yang aman.

Merawat sepeda motor secara teratur tidak hanya akan memperpanjang umur kendaraan. Mesin motor juga akan lebih efisien dan nyaman untuk dikendarai ketika semua komponennya dalam kondisi optimal.

Dilansir dari startrescue.co.uk, servis sepeda motor yang dimaksud meliputi:

1. Pemeriksaan Mesin
– Ganti oli, grade yang digunakan tergantung pada rekomendasi pabrik
– Filter oli baru
– Filter udara baru
– Busi baru
– Uji / ganti / isi ulang cairan pendingin sesuai kebutuhan

2. Pemeriksaan Chassis dan Rem
– Kaliper rem dilepas dan dibersihkan
– Penyesuaian throttle dan kopling
– Kabel kontrol, tuas, dan pivot dibersihkan dan dilumasi,
– Rantai, disesuaikan dan dilumasi seperlunya
– Pengecekan bantalan roda, dan lain-lain.

3. Tes Jalan pada Sepeda Motor

Servis sepeda motor akan mencakup tes jalan untuk memastikan sepeda motor akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Apa perbedaan Layanan Penuh dan Layanan Sementara?

Bengkel juga menawarkan ‘pemeriksaan sementara’, yang kurang detail daripada layanan penuh sepeda motor, tetapi tetap memastikan komponen vital sepeda motor kita berfungsi sebagaimana mestinya. Seperti namanya, layanan ini harus menjaga motor kita dalam kondisi baik di antara layanan penuh. Layanan ini kemungkinan besar akan mencakup penggantian oli dan filter oli, serta pemeriksaan kaliper rem, piston, kabel, tuas, pivot, bantalan roda, lampu depan, fungsi rantai, dan tekanan ban, antara lain. Ini juga harus mencakup tes jalan.

Seberapa sering kita harus service sepeda motor?

Seorang mekanik harus memeriksa sepeda motor kita setiap enam bulan atau lebih – yang setara dengan setiap 2.500-4000 mil. Kerusakan pada sepeda motor berpotensi sangat berbahaya, sehingga mengatur jadwal service yang rutin adalah hal yang terpenting. Jadi, kita harus selalu servis sepeda motor agar berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here