Selain memakai helm dan jaket sebelum bepergian, kita juga harus memanaskan sepeda motor minimal satu sampai tiga menit. Pasalnya, ketika sebuah kendaraan dipanaskan, maka sirkulasi oli pada mesin pun akan berlangsung dengan baik.

Alasan lain pentingnya memanaskan motor adalah agar motor tidak akan kaget ketika digunakan untuk melaju kencang atau saat ngebut. Selain itu, tujuannya agar kita dapat memastikan oli bekerja melumasi semua komponen yang ada di dalam mesin.

Tetapi jangan juga memanaskan motor terlalu lama. Hal ini dikarenakan mika dari lampu akan meleleh karena tidak ada sirkulasi pendinginan dan bagian leher dari knalpot pun juga dapat menguning.

Nah, berikut alasan kenapa kita perlu memanaskan sepeda motor sebelum bepergian, seperti dikutip Otodiva.com dari Amsoil, Rabu, 23 Juni 2021.

1. Membantu menghindari lecet pada piston
Logam akan mengembang saat dipanaskan, dan siapa pun yang duduk di atas sepeda motor tahu bahwa mereka menghasilkan panas yang serius, terutama V-twin. Menempatkan piston dingin ke panas dan gesekan yang ekstrem tanpa terlebih dahulu membiarkannya memanas dapat menyebabkan ekspansi piston yang cepat dan lecet.

Mesin tidak mencapai jarak bebas yang optimal antarbagian hingga mencapai suhu operasi normal. Namun, jika Anda menginjak gas sebelum itu, suhu mesin bisa melonjak. Hal ini dapat menyebabkan piston memanas dan mengembang di depan lubang silinder, meningkatkan kemungkinan lecet.

“Saya suka menghangatkan (mesin motor) sebelum memberikan tekanan apa pun pada komponen mekanis,” kata Direktur Fasilitas dan Pemeliharaan AMSOIL, Rollie Everson.

“Ini memastikan komponen mengembang secara bertahap saat dingin,” tambahnya.

2. Pastikan oli bersikulasi dengan baik
Alasan lain untuk memanaskan sepeda motor Anda adalah untuk mengedarkan oli. Oli dingin tidak mengalir secepat oli yang mencapai suhu operasi. Dalam kondisi ekstrem, oli mungkin tidak mengalir ke pompa oli, ini yang menyebabkan kerusakan dan keausan bantalan dan jurnal.

Kesimpulannya adalah panaskan sepeda motor Anda setidaknya selama satu sampai tiga menit sebelum berangkat. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan menyelamatkan mesin Anda dari keausan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here