Sebelum mengendarai sepeda motor, alangkah baiknya harus mengetahui langkah-langkah agar dapat berkendara dengan aman. Sepeda motor manual lebih sulit dikendarai daripada sepeda motor matic karena motor manual harus dikontrol

Berikut langkah-langkah untuk mengendarai sepeda motor manual seperti dikutip Otodiva.com dari Motor Bike Tour Expert, 25 Juni 2021. Di antaranya yaitu:

Sebelum berkendara
– Pelajari kontrolnya
a.Biasakan diri Anda dengan kontrol dasar sebelum mengemudi, harus berpikir cepat sebelum berkendara.
b.Tuas kopling tangan biasanya terletak di stang kiri untuk melepaskan daya dari roda belakang saat memindahkan gigi.
c.Pemindah gigi biasanya terletak di kaki kiri untuk memindahkan gigi.
d.Throttle terletak di stang kanan untuk mengerem roda depan.
e.Tuas di sisi kanan di dekat kaki Anda digunakan untuk rem belakang.

– Persiapan sebelum menyalakan mesin
Cara terbaik saat ingin berkendara adalah dengan duduk di atasnya dan memeriksa seluruh kontrol ataupun mesin sebelum menyalakannya.

– Persiapkan koplingnya
Saat Anda mengemudi, kurangi throttle saat menarik kopling. Mengurangi throttle akan mencegah motor dari goncangan saat roda belakang dihidupkan kembali. Selanjutnya, pindahkan kopling dengan kaki kiri Anda. Terakhir, lepaskan kopling dan tarik roda belakang.

Mulai mengendarai sepeda motor

  1. Setelah mesin hidup dan panas, Anda dapat mulai mengendarai. Hal ini dilakukan dengan menggeser ke gigi 1 dan membiarkan tuas kopling keluar sambil secara bersamaan menarik kembali throttle.
  2. Lepaskan tuas kopling secara perlahan hingga sepeda mulai berputar ke depan.
  3. Anda mungkin harus menarik sedikit gas ke belakang untuk mencegah sepeda Anda berhenti saat melepaskan kopling.
  4. Saat Anda melepaskan kopling dan perlahan-lahan memutar throttle ke belakang untuk menambah sedikit kecepatan, lanjutkan berkendara dalam garis lurus. Saat Anda ingin berhenti, tarik tuas kopling, dan perlahan-lahan gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Gunakan kaki kiri Anda untuk menstabilkan motor saat berhenti. Ketika Anda berhenti, letakkan kaki kanan Anda di tanah.

Saat belajar mengendarai motor, pastikan kamu ditemani oleh orang dewasa yang sudah tahu cara mengendarai motor ya. Biar aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here