Salah satu pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah Anda harus belajar mengendarai sepeda motor matic atau manual. Karena jika kita belajar mengendarai motor matic, kita tidak bisa mengendarai sepeda motor manual dan sebaliknya. Maka, ada yang harus kita prioritaskan dan kita perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis tersebut.

Nah, berikut merupakan kelebihan dan kekurangan motor matic dan manual beserta definisinya seperti dikutip Otodiva.com dari motorcycletips.uk, Jum’at, 25 Juni 2021. Diantaranya yaitu:

Sepeda Motor Manual

Saat mengendarai sepeda motor yang dikendalikan secara manual, pengendara harus memindahkan gigi secara manual juga, tidak secara otomatis. Gear memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan output mesin sesuai dengan kecepatan jalan raya. Gigi rendah cocok untuk kecepatan rendah, dan gigi tinggi cocok untuk kecepatan tinggi. Pemindahan gigi dilakukan dengan pedal pemilihan gigi, yang biasanya terletak tepat di depan pedal di sisi kiri sepeda motor.

 Untuk mengganti persneling, pengemudi terlebih dahulu harus mengoperasikan tuas kopling di stang kiri. Pengemudi menarik tuas kopling yang memutuskan transmisi, lalu memilih gigi yang sesuai dan melepaskan tuas kopling yang mengaktifkan transmisi. Jika Anda suka mengendarai sepeda motor, banyak orang akan menyarankan Anda bahwa pilihan motor manual ini lebih menarik. Motor manual memungkinkan Anda untuk mengontrol kendaraan Anda sepenuhnya.

Sepeda Motor Matic

Sepeda motor yang dilengkapi dengan transmisi otomatis akan secara otomatis melakukan semua perpindahan gigi. Banyak sepeda motor modern yang dilengkapi dengan transmisi otomatis menggunakan sistem kopling ganda (DTC), yang menggunakan dua kopling untuk mencapai perpindahan gigi yang halus dan cepat. Komputer on-board mengambil alih perubahan gigi yang sebenarnya. Kelebihan memakai motor matic adalah motor matic lebih mudah untuk dikendarai dan motor matic juga dapat membuat pengendaranya berkonsentrasi di jalanan. Tetapi, kekurangannya adalah motor matic lebih berat dikendarai dan harganya pun lebih mahal daripada motor manual.

Jadi, memilih sepeda motor matic atau manual adalah pilihan Anda sendiri, karena Anda yang mengetahui motor jenis apa yang nyaman saat dikendarai. Jika Anda ingin motor yang mudah dikendarai, Anda bisa pilih sepeda motor matic. Tetapi, jika Anda lebih suka untuk mengontrol penuh motor anda, pilih sepeda motor manual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here