Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas. Dealer yang berlomba-lomba untuk mencapai target penjualan mungkin mengambil trade-in yang mungkin masih ada di sekitar lot mereka. Tapi membeli mobil bekas bisa sangat mengkhawatirkan. Pasti aka nada banyak jaminan bagus diluar sana, hanya saja Anda harus menemukannya dengan seksama.

Berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum akhirnya membeli mobil second, seperti dikutip Otodiva.com dari A Girls Guide to Cars pada 26 Juni 2021. Diantaranya yaitu:

1. Jangan melakukan pembelian impulsif. Akan selalu ada penawaran mobil hebat lainnya yang dapat ditemukan, jadi jangan merasa tertekan atau berkomitmen pada kesepakatan sampai Anda menemukan mobil yang tepat dan mengikuti tips  selanjutnya.

2. Ketahui berapa nilai pasar yang wajar pada mobil yang ingin Anda beli. Banyak situs yang akan memberikan informasi tentang perkiraan dan daftar fitur yang tersedia pada model mobil. Juga, kunjungi seluruh dealer di daerah Anda (dalam radius 100 mil atau lebih) untuk mengetahui apa yang diminta dealer lain untuk mobil yang sama. Dan jangan takut untuk meminta kesepakatan yang lebih baik!

Jika mobil itu duduk di tempat dealer dalam waktu lama, pada dasarnya akan menghabiskan uang dealer sehingga dia mungkin mau bernegosiasi.

3. Teliti mobil dan cari fitur unggulannya. Ada kamera belakang kah? Teknologi keamanan aktif? Navigasi? Bluetooth? Banyak dari fitur ini yang populer sekarang, tetapi telah ada di mobil untuk sementara waktu; pastikan mereka ada di mobil yang Anda lihat jika mereka tersedia saat mobil masih baru.

4. Mintalah daftar rinci perbaikan yang dilakukan dealer terhadap mobil sebelum menawarkannya untuk dijual. Jika Anda mempertimbangkan mobil dari dealer, dealer harus memeriksa dan memperbaiki mobil, mengganti apa pun yang perlu diganti dan memastikan bahwa itu dalam kondisi yang wajar.

5. Lakukan test drive secara menyeluruh. Jika Anda memiliki keluarga ataupun anak, bawalah mereka. Pastikan semua orang nyaman, dan mintalah pendapat mereka tentang mobil yang ingin dibeli. Mereka mungkin memiliki pandangan yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here