Mengendarai sepeda motor sendirian membutuhkan keseimbangan dan kontrol yang tepat. Nah, mengendarai sepeda motor dengan penumpang berarti Anda akan membutuhkan dua kali keterampilan pada hal itu. Umumnya, sebagai pengendara sepeda motor, berat penumpang Anda akan lebih besar dari Anda sendiri.

Jika Anda sudah mengoperasikan sepeda motor yang lebih berat seperti Harley-Davidson, Anda harus sepenuhnya yakin dengan kemampuan Anda sebelum membawa penumpang. Namun demikian, menjamu teman atau anggota keluarga di bagian belakang sepeda motor Anda dapat membuat perjalanan yang menyenangkan dan benar-benar bermanfaat.

Berikut merupakan panduan yang akan membantu Anda berkendara dengan penumpang, seperti dikutip Otodiva.com dari Motoress, yaitu:

Penumpang Harus Merupakan Pengendara Sepeda Motor

Ini adalah praktik terbaik untuk memastikan penumpang pertama Anda adalah pengendara sepeda motor yang berpengalaman. Pengendara sepeda motor yang berpengalaman sebagai penumpang dapat mengantisipasi pergerakan Anda dan sudah mengetahui tentang protokol penumpang yang baik.

Siapkan Sepeda Motor Anda dan Lakukan Penyesuaian

Berat yang ekstra akan mempengaruhi bagaimana sebuah sepeda motor menangani. Penting untuk menyesuaikan tekanan ban Anda untuk beban. Ini sama seperti ketika Anda akan membawa kargo ekstra. Lihat manual pemilik sepeda motor Anda dan buat perubahan yang diperlukan.

Pengarahan untuk Penumpang Sebelum Perjalanan

Sebelum penumpang Anda naik ke sepeda motor Anda, beri pengarahan sebelum perjalanan dengan mereka. Tentu saja Anda sudah menyediakan atau mengasuransikan mereka memiliki perlengkapan berkendara lengkap seperti Anda.

Helm full face bersertifikat (atau helm dengan visor) yang sesuai, jaket kokoh yang terbuat dari kulit, sarung tangan, celana kokoh/jins tebal, sepatu bot kokoh menutupi pergelangan kaki dan pelindung mata dari sinar matahari. Pastikan penumpang siap dan berpakaian untuk kenyamanan dalam kondisi apa pun yang akan Anda tumpangi.

Jangan membawa penumpang tanpa perlengkapan yang disebutkan di atas keselamatan mereka ada di tangan Anda. Bersenang-senanglah dan ingat, jangan membawa penumpang di sepeda motor kecuali Anda sudah siap. Selalu pakai perlengkapan yang lengkap dan berkendaralah dengan aman.

Baca juga : https://otodiva.com/2021/06/28/kuy-belajar-nyetir-motor-manual-pelan-pelan-aja/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here