Mengendarai sepeda motor saat hujan lebat dapat menimbulkan bahaya bagi pengendara sepeda motor jika tanpa persiapan atau pengalaman yang tepat. Setiap pengendara sepeda motor tahu petualangan di jalan terbuka termasuk perubahan cuaca yang bisa terjadi di sepanjang jalan.

Permukaan yang bersih dan kering bisa berubah menjadi permukaan basah badai yang bisa bertahan berjam-jam. Setiap pengendara harus mampu menangani diri mereka sendiri ketika cuaca memburuk.

Berikut tips penting tentang cara mengendarai sepeda motor Anda di tengah hujan lebat agar Anda tetap aman saat langit gelap dan langit terbuka lebar, seperti yang sudah dikutip Otodiva.com dari Motoress.

Beri Jarak

Beri Anda banyak jarak, tingkatkan jarak saat Anda berada di jalan, dan lakukan yang terbaik untuk menghindari tempat yang banyak puing-puing. Di beberapa ruas jalan ada kemungkinan yang dapat mengganggu arah sepeda motor.

Jadi beri diri Anda jarak sebanyak mungkin untuk keselamatan Anda. Pastikan Anda berada di posisi jalur yang paling terlihat dan hindari ngebut saat hujan lebat karena khawatir tergelincir.

Relax dan Tenang

Buat diri Anda tenang dan bersiaplah untuk mengendarai motor di situasi seperti ini. Sesuaikan dan kurangi kecepatan Anda untuk memberi lebih banyak jarak untuk mengetahui ada apa di jalan tersebut. Tidak ada kesempatan untuk panik di tengah hujan. Jika Anda perlu mengerem, berikan jarak berhenti yang lebih jauh dan gunakan kedua rem dengan perlahan.

Perhatikan Jalan

Akan sangat membantu jika Anda sudah mengetahui rute yang Anda lalui. Selalu perhatikan secara seksama rambu-rambu lalu lintas. Jika Anda tidak yakin apa yang ada di depan, turunlah di pompa bensin dan periksa kembali rute Anda di peta. Visibilitas dalam hujan lebat sangat berkurang dan tidak terbiasa dengan permukaan jalan dapat meningkatkan resiko.

Tetap hangat

Cuaca dingin beresiko lebih tinggi daripada badan yang basah. Jika hawa dingin menyerang Anda, ke tangan dan kaki Anda, Anda akan mengalami reaksi yang lebih lambat dan kontrol motor yang lebih sedikit.

Menjadi basah kuyup saat berkendara memang tidak menyenangkan, tetapi kedinginan itu sangat tidak aman. Anda mungkin harus menepi. Tentu saja, jika perjalanan menjadi terlalu berat bagi Anda, berhentilah, dan tunggu kondisi yang lebih baik.

Baca juga : https://otodiva.com/2021/06/29/selfie-bareng-kuku-dan-mobil/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here