Saat Anda sudah memutuskan untuk mengendarai motor, berarti Anda sudah tahu resikonya. Mengendarai motor bukan hanya sekedar menencap gas lalu pergi, namun banyak hal yang perlu Anda ketahui agar Anda terhindar dari kecelakaan maupun hal buruk lainnya.

Berikut tips-tips yang harus Anda pahami sebelum mengendarai sepeda motor seperti yang sudah dikutip Otodiva.com dari Twisted Road pada 22 Januari 2020, yaitu:

Pilih motor yang tepat untuk Anda kendarai

Pilihlah motor yang nyaman untuk Anda, karena jika Anda sendiri tidak nyaman dikhawatirkan pada saat mengendarai akan sulit untuk fokus pada perjalanan. Setelah itu, periksalah mesin maupun bensin. Pentingnya memeriksa mesin motor adalah untuk keselamatan serta keamanan Anda sendiri.

Selalu pakai helm full face

Sebagian besar kecelakaan terjadi pada kecepatan lambat, dan bahkan jika tidak memakai helm pada kecepatan lambat akan meningkatkan risiko Anda. Helm dapat menyelamatkan Anda jika Anda menabrak sepetak kerikil atau tumpahan minyak dan jika kepala Anda membentur sesuatu.

Sangat penting untuk berkendara dengan aman. Anda mungkin bertanya apakah helm full-face sangat diperlukan? Mungkin helm wajah terbuka terlihat jauh lebih keren dan tidak sepanas di musim panas. Tetapi, area benturan paling umum pada helm sepeda motor adalah dagu sebesar 19,4%. Jadi, pilih mana?

Pakailah sarung tangan yang nyaman

Beberapa orang memiliki tangan yang mudah berkeringat sehingga pada saat mengendarai motor tangan dapat lebih licin dari biasanya. Memakai sarung tangan adalah solusinya.

Beristirahat sejenak

Berada di sepeda motor membutuhkan banyak fokus; setelah perjalanan panjang, Anda akan lelah secara mental. Jadi saat Anda berkendara, pastikan Anda pengendara sepeda motor yang aman dan sudah tidur nyenyak sebelumnya. Istirahatlah, tetap terhidrasi, dan jika perlu tidur siang.

Cek cuaca sebelum berkendara

Untuk menjadi pengendara yang aman, kita perlu merencanakan perjalanan yang akan ditempuh. Dibutuhkan waktu untuk merencanakan perjalanan yang aman, dan rencana sering dibuat oleh pengendara sepeda motor yang berhati-hati.

Cuaca berubah setiap harinya, maka dari itu sebelum berkendara sebaiknya kita memeriksa cuaca sebelum berkendara. Jika berawan, siapkan jas hujan di jok motor untuk antisipasi.

Baca juga : https://otodiva.com/2021/06/22/tips-buat-para-cewe-sebelum-beli-helm-motor/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here