Soal performa, ban sepeda motor (secara harfiah) adalah tempat bertemunya karet dengan jalan. Apa pun tipe sepeda motor yang Anda kendarai, ban sangat penting untuk performa dan keamanan. Anda harus lebih memperhatikan ban sepeda daripada ban mobil.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk berkendara dengan aman dan dengan performa yang optimal seperti yang sudah dikutip Otodiva.com dari Twister Road.

Perhatikan tekanan ban motor

Sebagian besar ban sepeda motor akan kehilangan sedikit tekanan udara setiap bulannya. Pada beberapa motor, perbedaannya dapat diabaikan, tetapi masih bertambah seiring berjalannya waktu, bahkan jika karet dan pelek Anda dalam kondisi sempurna. Pada motor lain, kehilangan tekanan jauh lebih terlihat dan dapat menyebabkan masalah hanya dalam beberapa minggu atau itungan hari.

Yang terpenting adalah Anda harus memeriksanya sebelum berkendara. Anda bisa saja terkena paku atau sesuatu selama perjalanan terakhir Anda, dan pemeriksaan sebelum berkendara akan membantu mencegah masalah yang akan terjadi.

Pilih ban motor yang tepat

Sepeda motor Anda berasal dari pabrik dengan satu set ban yang sesuai dengan tujuan penggunaannya: motor sport dilengkapi dengan ban lengket yang mencengkeram di tikungan, motor off-road dilengkapi dengan tombol-tombol yang menggigit tanah, dan lain-lain.

Pengendara sepeda motor mengalami masalah ketika mereka memilih ban yang tidak cocok dengan motor mereka. Mungkin mereka memasang ban yang terlalu lebar, mengira mereka akan mendapatkan traksi. Beberapa pengendara bahkan meletakkan ban mobil di bagian belakang sepeda touring yang berat, untuk menghemat uang dan meningkatkan umur ban motor mereka.

Umur ban motor sangat penting

Jika Anda membeli ban baru dan berkendara secara teratur, ini tidak akan menjadi masalah. Namun, jika Anda membeli ban bekas dengan harga murah dari situs web bekas atau dealer dengan stok lama, maka Anda harus mengawasi hal semacam ini. Hal yang sama berlaku untuk pembelian motor bekas jika Anda membeli sepeda motor yang menggunakan ban lama, Anda mungkin harus menggantinya untuk menjaga performa dan keamanan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here