Pandemi COVID-19 telah memengaruhi produksi semua kendaraan di seluruh dunia dan menyebabkan penutupan pabrik, pengurangan staf, dan kekurangan global dalam chip semikonduktor yang merupakan komponen penting dalam kendaraan modern. Akibatnya, lebih sedikit kendaraan baru yang tersedia di banyak dealer.

Artinya tahun 2021 tidak akan menjadi tahun yang normal dalam hal pemilihan mobil yang tersedia dan diskon yang mungkin Anda temui. Disarankan untuk para konsumen untuk mulai berbelanja lebih cepat daripada nanti karena mereka memperkirakan kekurangan chipset kemungkinan akan memengaruhi harga dan inventaris setidaknya hingga paruh kedua tahun 2021.


Berikut informasi yang sudah Otodiva.com rangkum dari Edmunts pada 5 May 2021 tentang waktu terbaik untuk membeli mobil.

  • Akhir bulan
    Ketika bulan akan segera berakhir, dealer mungkin kekurangan kuota penjualan yang akan memberi mereka bonus besar. Tenaga penjualan akan memiliki lebih banyak motivasi untuk membuat kesepakatan dengan pembeli dan mungkin sangat mendiskon mobil, menghasilkan uang yang hilang dengan bonus. Tetapi jika Anda sedang bernegosiasi dan dealer menawarkan harga yang sangat rendah, luangkan waktu sejenak untuk bertanya kepada penjual Anda mengapa dealer bersedia kehilangan uang dalam penjualan ini. Jika alasannya masuk akal bagi Anda, dan harganya jauh lebih baik daripada yang seharusnya menurut penelitian Anda, itu bisa menjadi pertanda bahwa dealer sedang mencoba membuat tujuan penjualan.
  • Jika Anda merasa gugup untuk membeli dalam jangka waktu akhir bulan yang singkat, uji coba (test drive) mobil yang Anda minati di awal bulan dan tutup kesepakatan saat akhir bulan mendekat. Juga, banyak penawaran insentif mobil baru bagus untuk beberapa hari setelah bulan berakhir, yang memberi Anda sedikit penyangga.
  • Akhir tahun Desember merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu banyak orang karena di bulan ini sering menawarkan potongan harga. Anda harus mencari kendaraan dari model tahun keluar yang memiliki insentif yang murah. Menurut data Edmunds, Desember memiliki diskon MSRP tertinggi tahun ini — rata-rata 6,1% — dan insentif tertinggi. Pembuat mobil dan dealer ingin menutup tahun dengan penjualan yang kuat. Mereka juga ingin menyingkirkan mobil model tahun sebelumnya yang memakan tempat, jadi mereka termotivasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here