Mengendarai kendaraan butuh keahlian dan konsentrasi yang tinggi, apalagi mengendarai mobil. Meskipun kebanyakan orang telah mempelajari peraturan lalu lintas dan teknik mengemudi yang benar sebelum mereka benar-benar mengendarai mobil, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda pertama kali mengemudi. Berikut hal yang harus kamu tahu sebelum mengendarai mobil seperti yang dikutip Otodiva.com dari Driving Tests pada 13 Mei 2021, yaitu:

  • Sesuaikan kendaraan agar Anda nyaman.

Sebelum Anda menyalakan mobil, pastikan Anda dapat melihat dari semua kaca spion dan kursi disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Membuat diri Anda sendiri nyaman ketika di mobil akan membantu Anda rileks selama perjalanan yang agak menegangkan ini.

  • Jangan terlalu memikirkan situasi berlebihan.

 Mengendarai mobil adalah aktivitas yang mengharuskan Anda melakukan banyak tugas. Saat Anda duduk di kursi pengemudi untuk pertama kalinya, Anda mungkin mulai merasa kewalahan dengan semua aturan yang harus Anda ingat. Meskipun hanya mengingat untuk menggunakan lampu sein dan apa arti rambu jalan tertentu keduanya sangat penting, bahkan yang lebih penting adalah kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada. Cobalah untuk menjernihkan pikiran dan fokus pada apa yang Anda lakukan.

  • Jangan takut

Saat mengendarai mobil untuk pertama kalinya, usahakan selalu ada orang tua atau orang dewasa yang sudah berpengalaman untuk menemani Anda. Mereka mungkin akan membantu Anda untuk memberi nasihat tentang bagaimana Anda mengendarai mobil tersebut dan jika ada kendala, mereka akan senantiasa membantu.

  • Berusahalah untuk selalu fokus

Mengemudi dengan banyak gangguan bukanlah ide yang baik, terutama jika Anda belum pernah mengemudikan kendaraan sebelumnya. Matikan juga radio, gulung jendela, dan simpan ponsel Anda. Sekali lagi, pengemudi tepercaya dan berpengalaman adalah penumpang terbaik untuk pengalaman pertama Anda di belakang kemudi. Inilah mengapa penting untuk berkonsentrasi di jalan.

  • Pilihlah jalan yang anda ketahui

Berkendara di rute yang Anda kenal akan memudahkan Anda dalam mengendarai mobil untuk pertama kalinya. Tidak perlu jauh-jauh karena jika tersesat, Anda akan kesulitan sendiri melihat google maps sekaligus mengendarai mobil dan ini berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here