Bersepeda motor dengan anak-anak dapat dilakukan dengan aman, jika Anda memahami risikonya dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Sayangnya, terlalu banyak orang yang tidak memikirkannya sebelum anak itu naik sepeda motor. Inilah masalah yang sering terjadi, yang sudah terlalu sering kita lihat.

Seorang pengendara sepeda motor melaju di jalan dengan seorang anak yang duduk di depannya, helm ukuran terlalu besar berada di kepala anak itu, dan tangan kecilnya mencoba memegang tangka bensin. Anak itu jelas mengganggu kontrol pengendara motor, jika terjadi kecelakaan, anak itulah yang pertama celaka.

Apa yang akan terjadi jika harus berhenti dengan mendadak? Akankah Anda meraih anak itu dengan satu tangan, dan dengan demikian mungkin kehilangan kendali atas motornya?, atau akankah Anda tetap mengendalikan motornya dan melihat anak itu terbang dari depan motor? Tidak ada pilihan yang baik bagi anak.

Dan saat dia terbang, helm besar itu mungkin akan terlepas dari kepalanya, anak-anak yang memakai helm terlalu besar paling sering menjadi korban.

Berikut hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengajak anak berkendara motor dengan Anda, seperti dilansir Otodiva.com dari Motorcycle Cruiser, diantaranya yaitu:

  • Helm Anak

Belilah helm yang pas untuk anak Anda atau beli helm yang sesuai dengan usia anak Anda. Hindari membeli helm yang terlalu besar dengan iming-iming agar awet sampai anak Anda besar nanti, ini sangat bahaya.

Daripada membeli helm kebesaran dan dapat mengancam keselamatan, lebih baik Anda membeli helm yang pas dan sudah terjamin keamanannya. Oh iya, dan jangan biarkan anak Anda melonggarkan tali helm tersebut ya!

  • Jaket Kulit atau Jaket Khusus Motor Lainnya

Jaket yang dikhususkan untuk berkendara atau jaket kulit yang kualitasnya bagus mungkin akan bertahan bertahun-tahun. Selain awet, jaket yang kualitasnya bagus pun membuat anak kecil nyaman berkendara dan akan memberikan perlindungan yang signifikan ketika jatuh.

  • Test drive dengan anak Anda

Tentu saja, mereka harus mempunyai pengalam yang baik dalam ikut Anda mengendarai motor sebelum akhirnya memutuskan untuk berkendara ke tujuan yang lebih jauh. Lakukanlah perjalanan pertama  yang singkat di jalan pedesaan yang sepi dan buntu dengan lalu lintas yang sedikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here