Car seat adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh orang tua untuk anak-anaknya. Car set digunakan untuk melindungi anak dari segala macam kemungkinan yang akan terjadi, contohnya kecelakaan. Sebelum memasang car seat di mobil, alangkah baiknya Anda melakukan hal yang sudah Otodiva.com kutip dari Vroom Girls, diantaranya sebagai berikut:

1. Baca instruksinya

Kedengarannya jelas, tetapi kebanyakan orang belum terlalu memahaminya. Anda benar-benar harus membuat pengecualian soal ini. Baca buku manual pemilik kendaraan Anda dan juga buku manual kursi mobil dari pabrikan. Periksa petunjuk pemasangan yang benar serta informasi penting lainnya seperti batas berat dan tinggi tempat duduk.

2. Kursi mobil pinjaman

Berhati-hatilah dengan kursi mobil pinjaman. Jika Anda meminjam dari teman, periksa tempat duduknya dengan cermat, dan tanyakan apakah kursi itu pernah ada di dalam mobil saat terjadi kecelakaan. Pastikan ia memiliki semua instruksi dan perangkat keras, tidak ada tanda tegangan atau retak yang berubah warna, harness tidak aus atau sobek, dan memiliki gesper dan kait yang berfungsi dengan baik.

3. Pilih kursi sesuai usia anak

Car seat dibuat agar sesuai dengan anak-anak pada usia dan ketinggian tertentu. Jika anak Anda masih bayi, ia harus selalu bepergian dengan kursi mobil yang menghadap ke belakang. Balita yang berusia sekitar satu tahun harus duduk di kursi yang menghadap ke depan. Dan ingat, anak-anak di bawah usia 13 tahun tidak boleh naik di kursi penumpang depan – mereka selalu paling aman di kursi belakang. Jika airbag kursi depan mengembang, dapat menyebabkan cedera serius.

4. Berikan tekanan

Berlututlah di kursi keselamatan anak untuk mendorongnya ke kursi kendaraan. Gunakan tenaga otot untuk mengencangkan sabuk pengaman. Pastikan alas jok mobil juga kencang. Ambil kursi dan goyangkan dari sisi ke sisi. Jangan lembut – gunakan kekuatan yang serius karena Anda ingin memastikannya tidak bergerak saat terjadi kecelakaan. Seharusnya tidak bergoyang lebih dari satu inci dari kiri ke kanan.

5. Kencangkan tali

Letakkan anak di kursi mobil dan kencangkan tali pengikatnya. Periksa kekencangan pada semua tali pengikat – tali harus cukup kencang sehingga Anda hanya dapat memasukkan satu jari di antara anak dan tali pengikat. Semua tali pengikat harus diletakkan rata pada tubuh anak dan penjepit dada harus diposisikan setinggi ketiak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here