Mengingat kondisi lockdown dan gelombang kedua Covid-19 yang mengerikan, kita semua dihimbau untuk tetap di rumah agar tetap aman dan mengutamakan kesehatan diri sendiri serta orang-orang tersayang. Saat ini khususnya Jawa-Bali yang sedang dalam masa PPKM Darurat mengharuskan semuanya dirumah saja alias Work From Home, akibatnya mobil yang biasanya sehari hari dipakai untuk ke kantor harus ikut berdiam dirumah juga nih untuk beberapa hari kedepan.

Merawat mobil Anda dengan baik selama penguncian selalu penting, ini membantu Anda menghemat waktu dan uang. Lebih dari itu, Kelalaian selama waktu ini juga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang atau Anda mungkin akan mendapat kejutan yang tidak menyenangkan begitu Anda mengunjungi kembali mobil Anda setelah dikurung cukup lama di garasi Anda.

Nah, Agar semuanya tetap sederhana dan jelas, berikut adalah 7 panduan tips tentang merawat mobil selama PPKM yang
dikutip langsung oleh Otodiva.com dari Life Style Asia

1. Gunakan gigi bukan rem tangan
Kita semua pernah berpikir untuk selalu menggunakan rem tangan saat parkir, ya, itu parkir 101. Namun, ketika terkunci membiarkan mobil diparkir dengan rem tangan menyala ternyata dapat menyebabkan komplikasi mekanis. Pada hari biasa kita menggunakan rem tangan karena kami tahu itu hanya dalam hitungan jam. Namun, dalam kasus saat ini yaitu PPKM Darurat, membiarkan rem tangan Anda tetap aktif untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kemacetan. Sebagai gantinya, kami sarankan Anda menggunakan kunci gigi khususnya gigi mundur.

2. Lindungi bagian luarnya
Mobil Anda diparkir di jalan atau di dalam garasi tetap harus memerlukan perlindungan yang optimal. Cobalah melindungi mobil Anda dengan penutup mobil yang bagus. Ini dapat melindungi mobil Anda dari panas yang menyengat, menjaganya tetap bersih, melindungi cat dari goresan mikro, dan menghindari kotoran burung. Kami paham bahwa cukup menjengkelkan untuk melepas pasang pelindung mobil berulang kali, tetapi kebiasaan sederhana ini memiliki banyak manfaat juga loh.

3. Lakukan pemeriksaan baterai dan oli secara rutin
Salah satu petunjuk terpenting dalam perawatan mobil adalah memeriksa baterai Anda secara berkala. Tidak perlu dipikirkan lagi bahwa menyimpan baterai yang terpasang pada kendaraan yang menganggur akan mengurasnya dengan dingin. Untuk mencegah hal ini, nyalakan mobil Anda dua kali seminggu, letakkan di posisi netral dan akselerasi dengan lembut. Sementara itu, ini akan memanaskan oli dan mengedarkannya melalui mesin dan mempertahankan viskositasnya. Namun, jika Anda tidak dapat melakukan semua ini, kami sarankan Anda untuk melepaskan baterai dari terminalnya. Ketika Anda memikirkan cara merawat mobil Anda selama PPKM, hal yangs satu ini sangat penting.

4. Lakukan perjalanan kecil di sekitar blok
Kami tahu bahwa Anda tidak dapat benar-benar menggerakkan mobil Anda terlalu banyak, tetapi berkeliling sebentar di dalam komplek rumah Anda untuk memanaskan mobil sepertinya tidak masalah. Secara berkala, lakukan perjalanan terpendek di sekitar blok atau setidaknya di sekitar tempat parkir. Terlepas dari poin sebelumnya, ini sebenarnya penting untuk menjaga semuanya tetap aktif dan berjalan. Ini dalam hal AC Anda, kelistrikan Anda, dan ban Anda. Mengapa ban Anda? Karena berdiam diri terlalu lama justru memberi tekanan pada satu bagian ban saja. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan. Jadi, hanya untuk membiarkannya bernapas dan meregang, gerakkan sebentar saja.

5. Cek kelistrikan
Salah satu kejengkelan terbesar dari perawatan mobil adalah hewan pengerat dan ada satu hal yang mereka suka menggigit kabel. Jangan kaget jika Anda mengunjungi kembali mobil Anda setelah hiatus dan menyaksikan beberapa anomali teknis. Penggeser jendela Anda mungkin lebih lambat, wiper Anda tampak lebih lemah dan lampu tertentu tidak menyala. Ini kekacauan yang membuat frustrasi, kami setuju. Melihat mobil yang tidak bergerak terlalu lama, hewan pengerat akan penasaran dan masuk. Selalu diperbolehkan untuk memeriksa kelistrikan mobil Anda secara berkala dan berinvestasi dalam solusi anti-tikus.

6. Mengganti udara dalam
Saya akan mengatakan ini lebih merupakan catatan perawatan pribadi daripada perawatan mobil. Setelah lama tidak digunakan, benzena, yang dipancarkan dari trim dashboard plastik, ventilasi AC, dan komponen kabin lainnya, cenderung menumpuk yang bukan sesuatu yang ingin Anda hirup. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah, turunkan jendela selama sekitar 15 menit setelah menyalakan mobil Anda. Ledakan kipas AC dan ventilasi harus membersihkan kabin.

7. Hubungi dealer Anda jika terjadi keadaan darurat
Dalam situasi apapun di mana Anda menemukan kerusakan pada mobil Anda, baik kelistrikan, eksterior atau kabin, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dealer Anda. Sebagian besar merek mobil saat ini memahami bahwa mengemudikan mobil ke garasi bukanlah pilihan saat ini dan memiliki solusi penguncian khusus. Jangan membuat kesalahan dengan pergi ke garasi lokal Anda untuk perbaikan cepat. Ini bisa jadi tidak aman dan tidak menjamin perawatan yang benar-benar dibutuhkan mobil Anda. Terlebih lagi jika dealer dan garasi bukanlah pilihan pada saat itu, kami sarankan Anda berhati-hati.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/24/tentang-radiator-mobil-dan-tips-menjaganya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here