Jika mobil Anda berbau seperti telur busuk, mungkin bisa jadi ada yang salah dan harus segera diperbaiki. Tidak hanya karena bau belerang yang berbahaya bagi kesehatan, hal ini pun bisa berbahaya bagi kesehatan kendaraan Anda, karena bisa rusak jika masalah ini dibiarkan begitu saja. Sebelum membaca lebih lanjut, pastikan anda tidak benar benar meninggalkan telur di mobil Anda hingga membusuk. Terdengar tidak mungkin namun bisa hal ini bisa saja terjadi pada peternak ayam.

Setelah memastikan kebersihan kendaraan, ada beberapa sistem yang harus diperiksa. Bau telur busuk bisa berasal dari gas belerang yang masuk ke dalam kendaraan dari ruang mesin, seperti saat Anda menyalakan A/C. Maka dari itu mari kita simak beberapa penyebab adanya bau busuk pada kendaraan anda yang dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com.

1. Masalah Sistem Bahan Bakar

Bahan bakar mengandung hidrogen sulfida, yang berarti senyawa berbahaya yang memiliki bau seperti telur busuk. Dalam proses pembakaran normal, gas buang (termasuk hidrogen sulfida) dikirim ke catalytic converter agar beberapa bahan kimia yang lebih beracun dapat diubah menjadi bahan yang kurang berbahaya.Hidrogen sulfida adalah salah satunya ia diubah menjadi sulfur dioksida yang tidak berbahaya dan tidak berbau.

Jadi saat ada sesuatu yang mengganggu proses konversi ini, gas buang termasuk hidrogen sulfida dikeluarkan dari knalpot dan terkadang bahkan naik dan kembali ke ruang mesin yang di mana mereka bisa kembali ke kabin.

2. Cairan Transmisi

Jika cairan transmisi dibiarkan terlalu lama tanpa diganti hal itu bisa menghasilkan bau seperti telur busuk. Terkadang hal ini terjadi jika cairan bocor dan terbakar saat bersentuhan dengan komponen mesin yang panas.

3. Baterai Mobil

Baterai mobil asam timbal mengandung asam sulfat, yang mana gas berbau telur busuk. Periksalah untuk memastikan baterai tidak bocor untuk menghindari kerusakan pada komponen lain.Baterai dapat bocor jika ada kerusakan mekanis, jika telah diisi daya berlebih, dibekukan, atau jika baterai mengalami masalah kelistrikan internal lainnya.

Beberapa baterai disimpan di bagasi atau kabin (yaitu: di bawah kursi). Baterai ini biasanya disegel atau berventilasi. Jika baterai Anda tidak disegel, mungkin ada kebocoran gas berbahaya ke dalam kompartemen penumpang. Anda sebaiknya memperbaiki sistem ventilasi baterai Anda sesegera mungkin.

4. Konverter Katalitik

Konverter katalitik dapat tersumbat, yang biasanya disebabkan oleh masalah pembakaran. Pembakaran tidak sempurna, misalnya, mengirimkan bahan bakar yang tidak terbakar ke catalytic converter. Seharusnya tidak ada dan justru bisa menyumbat pola internal honeycomb sehingga katalis tidak bisa lagi melakukan tugasnya.

Konverter katalitik yang tersumbat dapat menjadi bahaya kebakaran sehingga Anda harus mengatasi masalah ini sesegera mungkin.

Tips Menghilangkan Bau Telur Busuk Pada Mobil

Setelah Anda mendiagnosis masalahnya, seringkali tidak sulit untuk menghilangkan bau telur busuk dari kendaraan. Salah satu komponen ini perlu segera diganti jika ditemukan mengalami kerusakan. Perbaikan bagian mana pun bukanlah pilihan.

Setelah bagian yang bermasalah telah diganti, baunya akan hilang dengan cukup cepat dan dibiarkan udaranya keluar melalui kabin. Bukalah semua jendela dan berjalan-jalan sebentar dan lihat apakah baunya masih ada. Jika baunya tidak hilang, Anda mungkin memiliki komponen lain yang masih bocor yang menyebabkan bau seperti telur busuk.



Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/24/tips-merawat-mobil-selama-ppkm/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here