Mengetahui cara mencuci sepeda motor dengan benar akan menghemat waktu dan juga uang. Mencuci sepeda motor tidak hanya menghilangkan kotoran di jalan atau debu yang menempel dari bagian-bagian penting dan lapisan luar, tetapi juga mencuci motor merupakan sebuah kesempatan besar bagi Anda untuk memeriksa motor dengan hati-hati untuk setiap masalah struktural atau sambungan yang mungkin tidak langsung terlihat dari Anda saat setiap hari berkendara. Nah, berikut beberapa langkah atau tips yang dapat Anda lakukan ketika mencuci motor sendiri di rumah seperti dikutip Otodiva.com dari Revzilla, diantaranya sebagai berikut:

Langkah 1: Kumpulkan perlengkapan pencuci motor Anda
Cara terbaik untuk mencuci sepeda motor Anda harus dimulai dengan memastikan apakah Anda memiliki apa yang di butuhkan untuk mencuci motor.  Semakin sedikit Anda menyentuh sepeda motor saat membersihkannya maka itu semakin baik. Berikut yang perlu Anda siapkan: 
– Spons: Ini sangat bagus untuk menghilangkan kotoran yang menempel tetapi dengan usapan lembut tanpa merusak lapisan luar.
– Sikat: Sikat yang dirancang untuk area seperti roda berjari-jari dapat menangani sedikit minyak, tetapi harus digunakan dalam
kapasitas yang terbatas.
– Kain: Ini sangat cocok untuk pengeringan awal setelah pencucian.
– Chamios: Kain kulit ultra-penyerap aman untuk semua bagian.
– Microfiber: Ini bagus untuk sentuhan dengan semprotan detail. 

Langkah 2: Mengatur cara pembersihan
Sebelum Anda mulai, pastikan sepeda motor dalam keadaan dingin karena mesin yang panas terkena air dingin akan menyebabkan kejutan termal. Ketika logam menjadi panas, maka molekul akan mengembang. Hindari mencuci di bawah sinar matahari langsung, yang akan membuat sabun lebih cepat kering dan akan mempersulit pembersihan motor Anda.

Langkah 3: Suds up sepeda motor Anda
Setelah awal Anda membersihkannya dengan selang, Anda bisa mulai masuk ke proses pembersihan motor Anda. Seperti biasa, berhati-hatilah dengan jumlah tenaga yang akan Anda gunakan.
– Mulailah dari bagian atas sepeda motor Anda dan turunkan.
– Jika spons Anda terkena bekas kotoran atau minyak, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu 
– Air dan sabun akan tumpah ke rantai sepeda dan rem sepeda Anda. Namun, Anda tidak boleh menggosok area ini karena lapisan pada masing-masing adalah bagian dari apa yang membuatnya berfungsi dengan benar.

Langkah 4: Bilas sepeda motor Anda
Jangan biarkan sabun mengering di sepeda motor Anda karena akan menyebabkan pusaran dan goresan yang sulit dihilangkan. Jangan takut untuk teliti di sini. Lakukanlah pembersihan di semua sudut.

Langkah 5: Keringkan sepeda motor
Anda harus mengeringkannya secara menyeluruh, air yang tertinggal di lipatan atau celah dari waktu ke waktu dapat menyebabkan korosi. 

Langkah 6: Lumasi kembali rantai sepeda motor
Lumasi rantai sepeda motor setelah dicuci akan membuat motor Anda semakin lancar saat dikendarakan.

Langkah 7: Waxing sepeda motor
Ini dapat melindungi cat bodi motor Anda, hal ini dilakukan untuk mempertahankan warna dari motor Anda agar tidak kusam dan pudar.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/22/tips-tampil-trandy-saat-berkendara-motor/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here