Perawatan sepeda motor merupakan bagian penting saat Anda sudah menjadi pemilik sepeda motor. Jika Anda ingin motor baru Anda berjalan lancar dan dapat dipakai lebih lama atau awet, Anda perlu mengetahui bagian-bagian yang penting dalam perawatan sepeda motor. Anda tidak hanya akan menghemat uang, tetapi Anda juga akan meningkatkan nilai barang bekasnya jika Anda memutuskan untuk menjualnya di masa mendatang. Ini penting juga untuk memastikan keselamatan Anda di jalan. Nah, berikut beberapa tips perawatan sepeda motor seperti dilansir Otodiva.com dari Budget Insurance, agar sepeda motor Anda tetap sehat dan dalam kondisi bagus. Yuk simak!

1. Perlakukan dengan benar
Penting sekali untuk perawatan sepeda motor dengan memperlakukannya dengan benar selama beberapa ribu kilometer pertama mengendarainya. Anda bisa membaca buku manual untuk panduan Anda.

2. Kenali cara kerjanya
Sepeda motor adalah mesin yang cukup rumit untuk dipelajari, tetapi begitu Anda memahami bagaimana masing-masing bagian yang berfungsi, Anda akan menjadi lebih mudah untuk merawat dan memakainya. 

3. Periksa oli secara teratur
Anda harus mengganti oli setiap 5.000 atau 10.000 km, tergantung pada model sepeda motor yang Anda miliki. Perhatikan bahwa selama musim panas motor akan menggunakan lebih banyak minyak, sedangkan di musim dingin akan bertahan sedikit lebih lama.

4. Rawat kampas rem
Ketika bantalan rem lebih tipis dari 2mm, Anda harus menggantinya. Dengan itu bisa menyelamatkan Anda saat berkendara.

5. Jaga agar mesin sepeda motor tetap berjalan dengan lancar
Pelumasan merupakan bagian penting dalam perawatan sepeda motor. Tergantung pada model motor Anda, Anda mungkin perlu melumasi bantalan kepala kemudi, lengan ayun, sambungan suspensi, dan bantalan roda. Caranya Anda dapat memutar bantalan secara perlahan dengan tangan dan periksa bantalan roda setahun sekali. Penting juga untuk memeriksa oli Anda dan menggantinya setiap beberapa tahun.

6. Jaga ban dalam kondisi sempurna
Periksa tekanan dan tapak ban Anda sebelum memulai perjalanan apa pun untuk memastikan tidak ada lubang, retak, atau sobek seperti apa pun yang dapat membahayakan Anda di perjalanan. Ban dipengaruhi oleh cuaca dan kondisi tanah. Nah, tips perawatan sepeda motor yang penting adalah memeriksa tekanan ban secara teratur dengan pengukur tekanan. 

7. Jaga rantai
Mementingkan perawatan rantai sepeda motor berarti memastikan rantai Anda memiliki jumlah kelonggaran yang tepat di tempat yang paling sempit. Tips perawatan raintai motor adalah menambahkan pelumas pada rantai saat Anda kembali dari perjalanan dan saat masih hangat, agar rantai dapat menyerap oli saat dingin. Bersihkan rantai dengan kain dan minyak tanah setiap kali Anda mengganti oli.

8. Periksa busi sendiri.
Jika busi Anda kotor atau terkorosi parah, harus segera diganti agar tidak benar-benar aus. Saat melakukan pemeriksaan sepeda motor secara teratur, sertakan busi. Mesin harus dingin setidaknya selama dua jam. Bersihkan busi lama, buka dengan soket busi dan rachet terus periksa. Jika oranye maka tidak apa-apa; jika berwarna putih maka mesin Anda terlalu panas. Busi hitam bisa berarti campuran udara dan bahan bakar terlalu banyak. Busi baru harus ditambahkan dengan tangan untuk memastikan Anda tidak terlalu mengencangkannya.

9. Bersihkan saringan udara.
Tips perawatan motor lainnya adalah dengan membersihkan filter udara. Jika kotor, tidak dipasang dengan benar atau tidak diminyaki dengan benar, kotoran dan pasir dapat masuk ke mesin. Ikuti rencana perawatan sepeda motor dengan cermat dan jika Anda sering berkendara di jalan berdebu, bersihkan dan ganti filter udara secara berkala.

10. Rawat aki sepeda motor.
Bagian dari perawatan umum sepeda motor Anda adalah memeriksa baterai Anda secara teratur untuk menghindari kebocoran, biasakan isi daya seminggu sekali.




Baca Juga:https://otodiva.com/2021/07/25/tips-memodifikasi-motor-agar-pas-dengan-pengendara-bertubuh-kecil/





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here