Saat jalan-jalan menggunakan mobil pasti sebagian orang pernah menumpahkan sesuatu. Pada saat itu terjadi, jok mobil Anda bisa menjadi sangat berantakan dan bernoda jika tidak langsung dibersihkan tetapi kadang ada noda yang tidak dapat dibersihkan. Jadi, untuk membantu Anda menjaga mobil Anda tetap bersih dan tidak berantakan, Otodiva.com melansir beberapa tips dari Robbins yang berguna dan mudah dilakukan tentang cara membersihkan jok mobil dengan produk rumah tangga yang mudah dibeli dimana-mana.


1. Membersihkan kursi berbahan kain
Anda dapat membersihkan interior mobil dengan selang vakum, daripada membuang uang Anda untuk memanggil layanan kebersihan, Anda dapat membersihkannya sendiri. Namun, ada caranya agar dapat membersihkannya dengan maksimal, contohnya:

a. Gunakan soda klub. 
Semprotkan sedikit pada area yang bernoda dan gunakan sikat untuk menggosoknya, gosok dengan perlahan, lalu bersihkan dengan handuk bersih.

b. Gunakan larutan soda kue. 
Campur secangkir baking soda dengan secangkir air hangat, lalu gunakan lapisan tipis larutan tari dan sikat gigi untuk menghilangkan noda. Jika noda sulit dihilangkan, makan diamkan larutan tersebut selama sekitar 30 menit.

c. Gunakan campuran cuka. 
Campurkan secangkir cuka, beberapa tetes sabun cuci piring, dan sekitar satu galon air panas ke dalam ember. Kemudian oleskan campuran tersebut ke noda yang ada di jok mobil dan gunakan sikat untuk menggosoknya, gunakan air bersih untuk membilas jok agar noda mudah hilang.

d. Gunakan deterjen cuci baju.
Jika Anda tidak memiliki deterjen atau pembersih jok khusus untuk mobil, Anda bisa mencampurkan deterjen dengan air panas dan basahi noda dengan campuran itu. Gunakan handuk dengan air dingin untuk membilas deterjen dari kursi dan gosoklah noda sampai hilang.

2. Membersihkan kursi berbahan kulit 
Cobalah untuk menggunakan sikat saat membersihkan debu atau kotoran yang ada di jok mobil berbahan kulit. Jok kulit memang membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan jok kain karena kualitas bahannya yang premium. Untuk membersihkan kotoran dan noda pada jok kulit, cobalah salah satu cara dari semua yang sudah Otodiva.com rangkum:

a. Gunakan penghapus cat kuku atau alkohol gosok. 
Menghapus noda dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol nantinya akan perlahan mengangkat kotoran dari jok kulit. Nah, setelah noda terangkat, bersihkan alkohol dari jok dengan air hangat dan sabun cuci piring.

b. Gunakan pasta gigi non gel. 
Teknik yang lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada noda, lalu gunakan sikat gigi bersih untuk menggosok noda dengan lembut.

c. Campuran cuka 
Selain yang disebutkan diatas, campuran cuka juga bekerja pada jok kulit lho.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/25/mobil-seperti-bau-telur-busuk-mungkin-ini-penyebabnya-serta-tips-mengatasinya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here