Selain menggunakan helm saat mengendarai motor, Anda pun perlu menyiapkan perlengkapan motor lainnya juga untuk memaksimalkan keselamatan Anda. Contohnya seperti jaket, celana, sarung tangan, dan sepatu bot. Dalam membeli ini semua pun perlu untuk memperhatikan ukuran, panjangnya, dan lain-lain. Nah, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar Anda mendapatkan perlengkapan terbaik seperti yang sudah dikutip Otodiva.com dari Riders Plus Insurance, sebagai berikut:

1. Temukan Perlengkapan Yang Pas
Cobalah untuk memilih perlengkapan yang tidak terlalu kencang atau menghalangi ventilasi internal. Karena jika terjadi kecelakaan di jalan, kemungkinan besar itu akan memberi Anda perlindungan yang terbaik. Temukan motor dengan posisi riding seperti milik Anda, duduk di atasnya, dan ambil posisi riding yang membuat Anda nyaman. Pastikan roda gigi tidak membatasi gerakan Anda atau mengikat lutut, pinggul, atau bahu.

2. Ukuran Perlengkapan Motor
Perlengkapan motor atau gear dirancang untuk melindungi Anda saat berkendara. Cobalah untuk berdiri, lihat jaket dan celana Anda apakah terlalu pendek? Jika iya, pilihlah yang sedikit lebih panjang. Pastikan jaket Anda cukup panjang untuk menutupi celana Anda. Dan juga, celana Anda harus menutupi pergelangan kaki Anda.

3. Armor 
Carilah jaket dengan perlindungan lebih di bagian siku, bahu, dan punggung. Celana harus berlapis tebal di bagian pinggul dan lutut. Pastikan itu ditempatkan dengan benar saat Anda dalam posisi berkendara. 

4. Konstruksi
Pilih sepatu bot dengan pelindung pergelangan kaki, shank baja, bantalan shifter, dan pelindung jari kaki. Pilih sol tahan minyak dan pastikan solnya dijahit, tidak hanya terpaku pada tempatnya.

5. Sleting atau kancing
Pabrikan perlengkapan motor menggunakan berbagai pengencang mulai dari resleting, tali, dan Velcro, hingga kancing. Pilih penutupan yang dapat disesuaikan di pergelangan tangan dan leher Anda.  

6. Ventilasi
Pada cuaca yang panas dan terik, ventilasi yang baik adalah penyelamat untuk Anda saat berkendara. Cari bukaan resleting di dada dan punggung untuk meningkatkan aliran udara. Ventilasi ketiak juga menambah kenyamanan Anda lho. 

7. Tahan air
Anda akan membutuhkan uang yang banyak untuk membeli pakaian tahan air, tetapi jika Anda sering mengendarai motor, maka itu sangat worth it. 

8. Kantong
Kantong interior dan eksterior yang mudah diakses akan menambahkan banyak kenyamanan. Jika pakaian Anda tahan air, pastikan juga untuk menutup sakunya.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/26/tips-agar-motor-kamu-tahan-lama/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here