Wiper kaca depan adalah komponen yang terbilang murah dan sederhana namun sering diabaikan perawatan dasarnya. Saat hujan mulai turun setelah hari yang cerah, Anda ingin memastikan wiper kaca depan Anda berfungsi dengan baik sehingga Anda dapat melihat kaca depan dengan jelas.

Jika wiper kaca depan Anda mulai mencicit atau melompat-lompat, Anda harus mengatasi masalah ini sesegera mungkin. Bunyi mencicit yang buruk mungkin menandakan adanya benda tajam di bawah wiper yang bahkan dapat menggores kaca jika tidak ditangani.

Ada beberapa alasan mengapa bilah wiper Anda mencicit atau melompat-lompat. Untungnya, semuanya relatif murah dan mudah diperbaiki. Berikut beberapa penyebab Wiper Blades Mobil Mencicit atau Lompat yang dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com, yuk simak.

1. Kaca Kotor atau Kering

Jika kaca depan Anda kotor maka partikel kecil kotoran atau serpihan dapat terbawa oleh wiper kaca depan dan mengikis kaca depan saat wiper bergerak. Sebelum mengganti wiper Anda, periksa untuk memastikan cairan washer kaca depan Anda diisi ulang dan bekerja dengan efektif. Jika Anda melihat bahwa Anda tidak mendapatkan banyak cairan washer kaca depan ke kaca depan, periksa nozzle cairan washer Anda. Ini biasanya terletak di dekat bagian belakang kap, dekat dengan kaca depan. Terkadang nozel mesin cuci tersumbat oleh kotoran seiring waktu. Anda akan melihat pola semprotan yang merata dari nosel mesin cuci Anda. Jika ada bagian dari kaca depan Anda yang tidak tertutup oleh nozel mesin cuci, mungkin sudah saatnya untuk membersihkan nozel untuk memastikan tidak terhalang oleh kotoran atau kotoran.

2. Wiper Kaca Depan Kotor

Terkadang kotoran atau serpihan dapat terperangkap di bagian karet bilah wiper. Dalam hal ini, Anda tidak mungkin membersihkan kotoran dengan menyemprot kaca depan dengan cairan washer.

Tarik bilah penghapus dan periksa karetnya. Permukaan harus bersih dan halus. Setiap ketidaksempurnaan dapat menyebabkan derit saat wiper bergerak.

3. Penumpukan Produk

Beberapa produk seperti lilin mobil dapat menyebabkan bunyi berdecit atau melompat-lompat saat diaplikasikan ke kaca depan. Jika Anda baru saja mencuci mobil dan mulai merasakan bunyi mencicit atau melompat dari wiper kaca depan, Anda mungkin ingin membersihkan produk dari kaca depan dan beralih ke pembersih kaca mobil yang bagus seperti Invisible Glass atau RAIN-X.

4. Wiper Sudah Lama

Seiring bertambahnya usia bilah wiper, karet menjadi lebih keras. Pisau yang dulu berperilaku seperti alat pembersih karet bisa menjadi rapuh dan retak. Bahkan jika karetnya tidak retak, wiper mungkin lebih sulit menyesuaikan dengan lengkungan kaca depan seiring bertambahnya usia.

5. Panjang Wiper Salah

Saat Anda membeli wiper kaca depan, Anda mungkin akan menemukan buku yang berisi ukuran wiper untuk setiap merek dan model. Ukuran wiper mungkin berbeda bahkan pada mobil yang sama, tergantung pada sisi mana yang Anda cari (sisi pengemudi, sisi penumpang, atau jendela belakang).

Jika Anda membeli bilah yang terlalu panjang atau pendek, kelengkungan wiper mungkin salah atau bergesekan dengan sesuatu selain kaca mobil saat bergerak. Periksa kembali manual pemilik, cari buku di toko suku cadang mobil, atau cari online untuk ukuran wiper yang benar untuk kendaraan Anda.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/24/ini-kesalahan-yang-terjadi-saat-beli-mobil-perlu-diperhatikan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here