Mungkin untuk sebagian ibu hamil yang masih bekerja dan terpaksa harus menyetir sendiri untuk pergi ke kantor akan merasa cemas. Entah cemas karena takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan atau mungkin cemas tidak bisa menemukan jalan pintas. Ternyata menyetir mobil diperbolehkan saat hamil. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi dalam kondisi hamil karena mereka yang sedang hamil tidak boleh bergerak sebebas yang tidak hamil. Hal ini membuat Ibu hamil harus lebih waspada saat menyetir. 

Meskipun ibu hamil dibolehkan menyetir, namun ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan untuk sebelumnya. Cara mudah untuk membantu memastikan keselamatan Anda dan calon bayi Anda saat bepergian saat hamil adalah dengan menjaga mobil Anda siap untuk jalan. Anda dapat melakukan beberapa hal mudah untuk menjaga mobil Anda tetap terpelihara dengan baik dan untuk perjalanan yang aman dan lancar.

Cara mudah lain untuk membantu memastikan keselamatan Anda dan calon bayi Anda saat bepergian saat hamil adalah dengan menjaga mobil Anda siap untuk jalan. Apakah Anda seorang penumpang atau pengemudi, pertimbangkan untuk meninjau daftar periksa keselamatan mobil sebelum Anda berangkat. Anda dapat melakukan beberapa hal mudah untuk menjaga mobil Anda tetap terpelihara dengan baik dan untuk perjalanan yang aman dan lancar.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara aman serta tips agar nyaman mengemudi dalam kondisi hamil yang dikutip oleh Otodiva.com dari Bankrate.com. Yuk simak!

1. Tekanan ban

Tekanan ban yang tepat tidak hanya memastikan pengendaraan yang lebih mulus, tetapi mobil Anda juga akan merespons kemudi dengan lebih baik dan dapat memperpanjang usia ban dan kendaraan Anda secara keseluruhan. Untuk memeriksa tekanan ban yang Anda butuhkan hanyalah pengukur tekanan ban dan kompresor udara, yang dapat dibeli di toko mobil atau ditemukan di pompa bensin setempat. Jika Anda tidak memiliki kompresor udara, beberapa SPBU bahkan menawarkan udara gratis.

2. Cairan power steering

Cairan power steering sangat penting untuk memastikan kemudi lebih mudah dengan menjaga komponen kemudi terlumasi penuh dan terlindung dari korosi. Konsultasikan manual pabrikan Anda untuk melihat jenis pelumasan apa yang diperlukan untuk kendaraan spesifik Anda.

3. Rem

Rem Anda adalah bagian penting dari berkendara sehari-hari, jadi wajar jika rem Anda aus seiring waktu. Buku panduan mobil Anda akan memberi saran tentang jadwal perawatan yang tepat, tetapi waktu antara perawatan tergantung pada seberapa banyak Anda mengemudi dan apakah Anda tinggal di daerah dengan lalu lintas tinggi atau pedesaan. Sebaiknya bawa mobil Anda ke montir untuk pemeriksaan rem secara teratur. Tergantung pada mobil Anda, bahkan mungkin Anda dapat melakukan inspeksi visual pada bantalan rem Anda di rumah.

4. Filter udara

Filter udara menjaga mesin tetap bersih, bekerja seperti filter untuk mencegah kotoran dan kontaminan berbahaya. Sebagian besar produsen kendaraan menyarankan untuk mengganti filter udara Anda setiap 15.000 hingga 30.000 mil, tetapi yang terbaik adalah berkonsultasi dengan manual mobil Anda.

5. Lampu

Lampu dan sinyal mobil Anda adalah bentuk komunikasi utama Anda dengan pengemudi lain di jalan. Untuk memberi tahu orang lain saat Anda berbelok, berhenti, atau mundur. Lampu hazard Anda juga penting, yang menunjukkan bahaya jika Anda mengalami masalah, jadi periksa lampu eksterior kendaraan Anda secara teratur untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Lampu jenis ini dapat dengan mudah diganti di rumah dengan banyak model.

6. Antifreeze atau pendingin

Antifreeze, juga dikenal sebagai pendingin, membantu kendaraan Anda dari panas berlebih dan juga mempertahankan suhu yang tepat bahkan selama cuaca ekstrem. Saat Anda mengganti oli, pastikan juga memeriksa level antifreeze dan cairan pendingin untuk memastikan mesin Anda tetap dalam kondisi prima.

7. Penyelarasan roda

Penyelarasan roda yang tepat dapat menghemat uang Anda untuk bensin, mencegah keausan yang tidak perlu dan memungkinkan pengendaraan yang lebih mulus dan lebih aman. Anda harus mendapatkan penyelarasan roda setiap dua hingga tiga tahun, tergantung pada rekomendasi pabrikan Anda dan seberapa banyak Anda mengemudi.

Ketika Anda membaca manual kendaraan Anda, pastikan untuk memeriksa apakah ada tindakan pencegahan perawatan tambahan yang harus Anda ambil sebelum Anda pergi ke jalan.

Tips Nyaman Mengemudi Saat Hamil

Bahkan dengan kendaraan yang paling nyaman sekalipun, Anda mungkin akan merasakan efek jalan setelah beberapa jam. Saat mengemas tas perjalanan Anda, pertimbangkan untuk menambahkan barang-barang ini untuk membantu Anda merasa lebih nyaman saat mengemudi dalam kondisi hamil.

1. Bawalah Bantal Perjalanan.

Pertimbangkan bantal lumbar, yang dapat menopang punggung Anda dan mengurangi tekanan dari tulang belakang Anda. Ada banyak versi perjalanan yang dapat dengan mudah dipompa dan dikempiskan saat Anda bepergian.

2. Tetap Terhidrasi.

Beberapa jam di jalan dapat menyebabkan rasa haus yang ekstrem dan bahkan dehidrasi, jadi pastikan untuk melewatkan jus manis dan tetap minum air. Ini penting jika Anda bepergian ke daerah dengan suhu ekstrem, seperti daerah tropis atau gurun.

3. Makanlah Dengan Baik Sebelum dan Selama Perjalanan.

Pastikan Anda memiliki makanan yang tepat dengan mengemas barang-barang seperti kismis, kacang-kacangan, granola bar, pretzel tawar atau gandum utuh, dan snack bar kehamilan. Camilan sehat dan bergizi dapat membantu meminimalkan rasa mual sekaligus memberi Anda dan bayi makanan yang Anda butuhkan.

4. Rencanakan Untuk Banyak Istirahat.

Wanita hamil biasanya membutuhkan lebih banyak istirahat daripada rata-rata orang di jalan, dengan istirahat 15 menit direkomendasikan setiap 1-2 jam. Ini tidak hanya memastikan aliran darah yang sehat, tetapi Anda juga dapat menggunakan kamar mandi, mengambil camilan, dan meregangkan kaki Anda.

5. Mulailah Dengan Tangki Penuh.

Hal terakhir yang tidak diinginkan setiap wanita hamil adalah terdampar di sisi jalan, jadi isi tangki bensin Anda sebelum Anda menabrak jalan. Pastikan untuk memantau tangki Anda sepanjang perjalanan Anda dan berhenti untuk mengisi bensin jauh sebelum kosong, terutama jika Anda bepergian di daerah pedesaan di mana pompa bensin mungkin lebih terbatas.

6. Kenakan Pakaian Hamil yang Nyaman.

Perjalanan bisa menjadi tidak nyaman setelah beberapa saat, jadi pastikan Anda siap untuk perjalanan dengan pakaian yang tepat. Kenakan sepatu slip-on, dan pilih rajutan yang lembut dan nyaman serta bahan yang meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan tubuh Anda.

7. Hindari Bepergian ke Tempat-tempat Terpencil.

Gas bukan satu-satunya hal yang mungkin dibatasi di daerah terpencil. Layanan telepon seluler mungkin terbatas, dan jika Anda akan melahirkan atau mengalami masalah medis, mungkin tidak ada perawatan medis yang memadai di sekitar Anda.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/25/ikuti-cara-ini-jika-anda-ngantuk-saat-menyetir/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here