Kita memang tidak pernah tahu nasib apa yang akan kita hadapi saat mengendari mobil ataupun motor di jalan raya. Namun, kita bisa mencoba berbagai cara untuk menghindari kecelakaan, hal kecil pun harus diperhatikan. Nah, berikut beberapa tips yang sudah dilansir Otodiva.com dari Naqvi, yang nantinya dapat membantu Anda menjadi pengemudi yang lebih baik serta lebih berhati-hati. Simak yuk!

1. Hindari jalur cepat
Sebagian besar kecelakaan di jalan raya terjadi di jalur cepat dan juga para petugas patroli jalan raya lebih fokus pada pengemudi di jalur cepat, jadi jika Anda ingin menghindari kecelakaan dan tilang, kendarailah mobil Anda di jalur yang berbeda.

2. Berusahalah untuk fokus di berbagai sisi
Memang betul jika mengendarai yang utama adalah lihat ke depan, namun ke samping kanan dan kiri mobil pun juga harus diperhatikan. Apalagi Anda ingin menyalip atau berbelok. Ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk setiap kecelakaan yang mungkin terjadi.

3. Waspadalah terhadap titik buta
Banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi terlalu mengandalkan kaca spion. Meskipun merupakan ide yang baik untuk menyesuaikan cermin Anda untuk tampilan yang optimal, tetapi kaca spion tidak dapat melihat semuanya. Pastikan untuk melihat ke belakang Anda sebelum berpindah jalur atau menyalip.

4. Berkendara dengan tangan Anda di posisi jam 9 dan 3. 
Jangan malas saat berkendara. Gunakan kedua tangan dan pertahankan satu di posisi jam 9 dan yang lainnya di posisi jam 3. Ini akan membantu Anda dalam mengontrol kendaraan Anda secara optimal.

5. Nilailah seorang pengemudi dari kondisi mobilnya 
Jauhi mobil yang mungkin kelihatan sangat kotor dan usang, yang dapat mengindikasikan pemilik yang malas atau lalai. Mereka yang memiliki mobil yang lebih bagus dan bersih cenderung merawat mobil mereka dengan lebih baik dan karenanya mengemudi dengan lebih hati-hati.

6. Menjaga mobil Anda dalam kondisi yang baik
Lakukan perawatan secara teratur pada mobil Anda. Pastikan oli diganti pada interval yang disarankan. Hindari mengemudi saat malam hari, itu merupakan ide yang baik dari segi lalu lintas karena tidak padar, tetapi ada bahaya yang harus diwaspadai, seperti pengemudi mabuk dan penurunan penglihatan.


Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/29/hal-yang-harus-dilakukan-setelah-mengalami-kecelakaan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here