Tidak hanya pengendara motor yang harus mempersiapkan semuanya, tetapi penumpang pun sama. Ini dapat menghindari Anda para penumpang agar keselamatannya terjamin di perjalanan. Terkadang para penumpang sering menyepelekan barang-barang yang harus dikenakan seperti helm, jaket, dan lain-lain dengan alasan karena mereka hanya penumpang.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda pakai dan terapkan untuk Anda yang ingin menjadi penumpang sepeda motor seperti dilansir Otodiva.com dari Motorcycle Habit. Yuk simak!

1. Memakai Helm
Ini merupakan hal utama yang paling penting, tetapi masih banyak para penumpang yang menyepelekan hal ini sehingga mereka tidak memakai helm saat perjalanan. Helm sangat penting untuk keduanya, penumpang maupun pengendara motor. Jika memungkinkan, pakailah helm full face untuk keamanan dan keselamatan yang lebih ekstra. Jika Anda berencana untuk menjadi penumpang sepeda motor dalam waktu yang lama, mungkin ada baiknya untuk membeli helm yang layak khusus untuk Anda sendiri. 

Jika orang yang Anda ajak untuk menjadi penumpang tidak memiliki helm, atau Anda tidak dapat menemukan helm cadangan di mana pun, jangan mengendarai sepeda motor sama sekali. Tidak memakai helm sama saja seperti tidak memakai alat keselamatan saat berkendara motor. 

2. Memakai Jaket
Jika Anda berencana mengendarai sepeda motor sebagai penumpang, Anda harus mengandalkan jaket juga. Jenis jaket terbaik untuk dipakai saat berkendara adalah jaket kulit asli karena penelitian telah menunjukkan bahwa jaket tersebut merupakan perlindungan terbaik jika terjadi kecelakaan. Tetapi jika tidak memiliki jaket kulit, cobalah untuk mencari jaket dengan bahan paling tebal yang Anda miliki. Jika Anda kebetulan memiliki jaket denim, gunakan itu karena akan lebih baik daripada tidak memakai jaket sama sekali. Anda harus setidaknya memakai beberapa jenis jaket karena jika Anda tidak memakai jenis perlindungan apa pun, Anda akan memperbesar kemungkinan cedera.

3. Memakai Celana Panjang
Terlalu sering saya melihat pria dan wanita mengendarai sepeda motor dengan celana pendek. Jika Anda berencana untuk mengendarai sepeda motor, Anda harus selalu memakai celana panjang, ini sangat berguna karena dapat melindungi lutut Anda juga. Nah, jenis celana yang paling aman dan protektif yang harus Anda kenakan adalah celana kulit, tapi kebanyakan orang lebih suka memakai celana jeans denim tebal yang bagus. Kenapa harus memakai celana panjang? Karena kaki Anda melakukan banyak gerakan saat Anda mengendari motor, jadi Anda harus melindunginya.



Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/26/tips-memilih-perlengkapan-sepeda-motor-terbaik/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here