Belum lama ini telah terjadi kejadian yang mengenaskan di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mobil Ford Mustang Shelby GT500 terbakar secara tiba tiba yang belum diketahui penyebabnya. Kejadian seperti ini tentunya bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja. Namun hal ini tidak akan terjadi tentu saja jika tidak ada pemicu dan penyebabnya. Maka dari itu perlunya pencegahan agar hal ini tidak terjadi pada Anda.

Berikut beberapa tips mencegah mobil terbakar secara tiba tiba yang telah dikutip oleh Otodiva.com dari Auto2000. Yuk simak!

1. Jangan lakukan modifikasi kelistrikan

Kebutuhan daya listrik suatu kendaraan tentunya sudah di design dan perhitungkan dengan baik oleh pabriknya. Jika anda memilih untuk memodifikasi kelistrikan kendaraan Anda, hal ini bisa menjadi penyebab kebakaran mobil jika tidak dilakukan dengan benar. Mulai dari penyambungan yang sembarangan, kabel yang tidak sesuai, dan penambahan instalasi tanpa dilengkapi sekring pengaman. Baiknya pertimbangkan terlebih dahulu secara matang sebelum Anda melakukan modifikasi.

2. Jangan Sembarang Menyimpan Benda Mudah Terbakar

Sering kali kita menganggap sepele dengan menyimpan benda yang mudah terbakar di mobil kita secara sembarangan. Jangan sesekali menyimpan benda benda ini di dalam kabin mobil terutama saat suhu udara tinggi. Benda-benda yang mudah terbakar antara lain parfum, korek api gas, bensin, tiner, dan powerbank yang bersuhu panas saat mencharge ponsel Anda.

3. Cek Jangan Sampai Ada Kebocoran Bahan Bakar

Pastikan tidak adanya kebocoran pada kendaraan Anda. Anda bisa mengeceknya dengan indra penciuman Anda. Jika tercium bau bahan bakar di dalam mobil Anda, bisa jadi adanya kebocoran pada kendaraan Anda.

4. Jangan Parkir Sembarangan

Terkadang sering kali kita parkir disebuah tempat tanpa memerhatikan kondisi sekitar tempat parkir. Hindari parkir di tempat yang dekat dengan sumber api. Oleh karena itu, pastikan anda parkir di tempat yang aman dan tidak dekat dengan sumber panas.

5. Perhatikan Peringatan Pada Panel Indikator

Pada saat panel indikator naik, artinya mesin mobil Anda sedang dalam masalah. Panel indikator berfungsi sebagai penanda jika ada masalah pada mobil. Berhentilah di sisi jalan jika tiba tiba panel indikator Anda menyala dan segera hubungi mekanis terdekat.

6. Gunakan Pemadam Api Ringan

Bagi beberapa orang mungkin sudah dilengkapi Pemadam Api Ringan (APAR). Menurut Auto2000 ini bisa digunakan untuk memadamkan api saat terjadinya kebakaran mendadak yang mana terdapat dibawah bangku penumpang depan. Bagi anda yang ingin membelinya bisa hubungi Auto2000 sekaligus cara mengoperasikannya.





Baca Juga,https://otodiva.com/2021/07/29/tips-menghindari-kecelakaan-mobil/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here