Home Tips Tips Berkendara di Malam Hari

Tips Berkendara di Malam Hari

0
37

Banyak pengendara merasa tidak yakin dan tidak aman saat berkendara di malam hari, bahkan termasuk mereka yang tidak memiliki masalah penglihatan seperti rabun senja. Beberapa laporan menunjukkan kematian terkait lalu lintas setinggi tiga kali lebih besar saat malam hari. Hal ini perlu di perhatikan lagi terutama untuk pengemudi pemula yang kurang berpengalaman dalam mengemudi di malam hari dan belum adanya rasa percaya diri, ada baiknya untuk mengingat beberapa tips dalam hal keselamatan dan mengemudi di malam hari. Berikut beberapa tips mengemudi di malam hari yang telah dikutip oleh Otodiva.com dari driving-tests.org. Yuk simak!

1. Gunakan Lampu Depan!

Hal ini pada umumnya memang harus dilakukan untuk menyalakan lampu depan anda saat berkendara di malam hari. Paling tidak, Anda harus menyalakan lampu depan sekitar satu jam sebelum senja. Bukan hanya memudahkan Anda untuk melihat jalanan yang gelap, tetapi juga membuat Anda lebih terlihat oleh pengemudi lain.  Terutama selama cuaca buruk pertimbangkan untuk menggunakan lampu Anda. Badai guntur misalnya, dapat membawa awan gelap yang mengubah langit menjadi hampir gelap gulita seperti malam hari. Hal ini juga memudahkan orang lain melihat keberadaan mobil Anda untuk mengurangi resiko kecelakaan.

2. Mundur!

Meskipun bukan ide yang baik untuk berjarak terlalu dekat dengan mobil di depan Anda, kebiasaan buruk ini harus dihindari selama jam-jam gelap dan cuaca buruk. Ada beberapa alasan mengapa aturan ini harus dilanggar saat berkendara di malam hari. Salah satunya adalah Anda membuat pengemudi lain gugup, yang membuat mereka cenderung panik terhadap sesuatu di jalan dan dapat menyebabkan kecelakaan. Selain itu, semakin dekat lampu depan Anda maka semakin terang pantulannya hal ini dapat mengganggu penglihatan mobil di depan Anda. Ini membuat pengemudi di depan Anda gugup dan juga dapat membatasi jarak pandangnya, hal ini dapat menimbulkan masalah. Alasan lain mengapa Anda harus mencoba untuk meningkatkan jarak antara Anda dan mobil di depan Anda adalah bahwa selama gelap yaitu jam malam, visibilitas Anda berkurang.

3. Waspada! 

Cara terbaik untuk menghindari kecelakaan di malam hari adalah dengan memperhatikan lampu dan spion. Mengawasi lampu depan mobil lain sangat penting dan tidak jarang ada mobil yang tanpa lampu depan. Pada malam hari lebih sulit untuk melihat binatang di pinggir jalan, anak-anak masih bermain di jalan atau bahkan puing-puing.  Tetap waspada dengan memeriksa cermin secara teratur untuk mengawasi apa yang terjadi di sekitar Anda. Kebanyakan di malam hari lebih tentang mengawasi kesalahan pengemudi lain daripada mengkhawatirkan kesalahan Anda sendiri. Karena itu, pastikan juga Anda menjaga spion tetap bersih dan mengarahkannya ke arah yang benar akan memudahkan Anda untuk melihat dan juga menghindari pantulan cahaya yang bisa membuat silau.

4. Lampu Depan yang Terpenting!

Menjaga lampu depan tetap bersih saat berada di arah yang benar dan menyala adalah kunci berkendara malam yang aman. Satu kesalahan besar yang dilakukan orang adalah mengemudi terlalu lama hanya dengan satu lampu depan menyala. Ini jelas mengurangi visibilitas Anda, tidak hanya akan membuat Anda dapat  ditilang polisi, ini juga akan menjadi salah satu hal paling berbahaya yang dapat Anda lakukan. Mintalah bantuan profesional atau mekanis untuk membantu mengarahkan bohlam ke arah yang benar.

5. Tetap Bangun! 

Sementara banyak pengemudi sebenarnya lebih suka mengemudi di malam hari untuk perjalanan atau jarak jauh karena lebih sejuk dan kondisi jalanan tidak terlalu ramai, padahal hal ini lebih beresiko tinggi. Karena tubuh bagi kebanyakan orang terbiasa tidur saat gelap, memulai perjalanan selama berjam-jam mengemudi bisa sulit untuk membuat tubuh Anda beradaptasi. Jadi, sadari hal ini dan rencanakan dengan tepat. Pertama-tama, tetap berangkat sedini mungkin. Bagi banyak orang, memulai saat masih terang kemudian hingga matahari terbenam dan gelap membantu tubuh, pikiran, dan mata menyesuaikan diri. Di sisi lain, bagi sebagian orang hal ini membuat mereka lebih lelah. Dalam hal ini, pergil pada saat hari sudah gelap mungkin adalah yang Anda butuhkan. Pelajari seperti apakah pengemudi malam dan rencanakanlah dengan tepat dengan istirahat yang cukup sebelumnya.

Adapula beberapa tips lainnya yang dirangkum dalam poin poin berikut ini:

– Pantau diri Anda dan jangan menunggu sampai Anda terkantuk-kantuk beberapa kali. 

– Keluar dari mobil untuk peregangan dan menghirup udara segar. 

– Anda perlu kopi atau sekadar mendengarkan hiruk pikuk orang-orang dan lampu-lampu di toko serba ada.

– Lakukan jumping jack.

– Bernyanyi di dalam mobil. 

– Bukalah jendela.

– Menepi ke tempat istirahat yang aman atau hotel untuk tidur sebentar.



Baca Juga, https://otodiva.com/2021/07/29/tips-menghindari-kecelakaan-mobil/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here