Selain membeli rumah, membeli mobil dengan kondisi baru juga termasuk salah satu pembelian finansial terbesar. Sebagian orang pastinya merencanakan anggaran bulanan mereka agar mengetahui berapa biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulannya untuk mobil baru yang telah dibelinya.

Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda menemukan angka yang masuk akaluntuk membeli mobil baru, dikutip oleh Otodiva.com dari cnet.com. Yuk simak!

1. Menentukan Budget Bulanan

Ini mungkin terlihat jelas, tetapi langkah pertama untuk mengetahui berapa banyak yang harus Anda belanjakan untuk mobil baru Anda adalah dengan menghitung anggaran bulanan Anda. Tambahkan semua pendapatan bulanan Anda, kurangi pengeluaran (mulai dari pembayaran sewa atau hipotek hingga makanan dan perawatan kesehatan) dan lihat berapa banyak yang tersisa. Lalu tentukan budget Bulanan Anda setelah itu. Termasuk biaya asuransi, ketika mencari tahu total pengeluaran mobil bulanan Anda jangan biarkan gabungan biaya asuransi dan pembayaran mobil melebihi aturan dan kesanggupan yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Memilih pembayaran mobil dasar yang mendekati 10 hingga 15 persen dari pendapatan Anda adalah aturan yang lebih aman untuk memastikan Anda tidak menghabiskan budget Anda.

2. Hitunglah Pembayaran Bulanan

Setelah Anda tahu berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, inilah saatnya untuk menentukan berapa banyak Anda akan membayar untuk mobil yang Anda inginkan. Masukkan berapa banyak yang ingin Anda bayar per bulan serta detail seperti perkiraan panjang pinjaman, suku bunga, dan detail lainnya. Ingatlah bahwa suku bunga akan sangat bervariasi berdasarkan riwayat kredit Anda, uang muka, dan apakah Anda membiayai melalui penjual mobil secara langsung, melalui bank atau serikat kredit Anda. Jelas ini dapat bervariasi secara signifikan dari orang ke orang.

3. Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Ada lebih banyak biaya untuk memiliki mobil termasuk asuransi. Anda juga harus menganggarkan berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk bensin dan perawatan, meskipun mobil baru harus dilindungi garansi untuk sebagian besar masa pinjaman mobil baru. Pertimbangkan juga lamanya kredit mobil Anda. Sementara pinjaman yang lebih lama secara umum akan memberikan pembayaran bulanan yang lebih rendah, artinya Anda akan membayar lebih banyak biaya bunga secara keseluruhan. Selain itu, pinjaman yang lebih lama meningkatkan jumlah waktu Anda “di bawah air” di mobil baru. Itulah situasinya, yang lebih dikenal secara formal sebagai ekuitas negatif, ketika Anda berutang lebih banyak pada pinjaman Anda daripada nilai mobil jika dijual. Dan itu bisa mempersulit penjualan atau tukar tambah mobil.

Terakhir, jangan lupa bahwa pedoman ini dapat dan harus bervariasi tergantung pada situasi Anda. Jika Anda tidak terlalu sering mengemudi atau menghabiskan banyak pendapatan Anda untuk biaya kebutuhan lain seperti rumah tangga, Anda mungkin lebih suka menghabiskan lebih sedikit uang per bulan untuk membeli mobil baru Anda. Jika Anda seorang penggemar mobil, atau membutuhkan kendaraan yang sangat spesifik untuk pekerjaan atau perjalanan Anda, Anda mungkin ingin meregangkan anggaran Anda sedikit lebih tinggi. Secara keseluruhan bagi kebanyakan orang, menghabiskan 10 hingga 15 persen dari gaji bulanan Anda untuk pinjaman mobil baru adalah saran yang baik.




Baca Juga, https://otodiva.com/2021/07/29/tips-penting-untuk-yang-baru-beli-mobil/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here