Menemukan kursi sepeda motor terbaik dapat bergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis motor serta tinggi dan kekuatan Anda dalam mengendarainya. Nah, berikut beberapa tips tentang cara memilih jok motor yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda, seperti dilansir Otodiva.com dari Fat Head Cycles. Yuk simak!

1. Pahami bagian jok motor Anda
Sebelum mempelajari berbagai gaya jok sepeda motor, pertama-tama kita akan membahas berbagai komponen jok sepeda motor:

Penyangga jok
Penyangga biasanya terbuat dari plastik atau baja yang terjangkau dan ringan, yang lebih mahal dan lebih berat. Karena plastik lebih lentur, penyangga plastik yang dirancang dengan buruk dapat menyebabkan kursi melorot. Namun, baja kaku dapat memberikan lebih banyak dukungan.

Busa
Jok
Busa di dalam kursi adalah apa yang membuat Anda nyaman. Beberapa pembuat jok menggunakan busa, sedangkan yang lain menambahkan gel ke busa mereka. Tujuan dari gel adalah untuk mengurangi getaran, yang nantinya mengurangi kelelahan. Perlu diingat bahwa penambahan gel biasanya meningkatkan biaya jok itu sendiri.

2. Pilih model untuk jok Anda
Kursi satu bagian
Kursi satu bagian terdiri dari satu bagian dan merupakan kursi sepeda motor paling umum yang tersedia.

Kursi dua bagian
Kursi dua bagian terdiri dari dua bagian, solo dan bantalan pembonceng. Beberapa kursi dua bagian memungkinkan Anda untuk berkendara hanya dengan solo serta dapat menyimpan perlengkapan di spatbor secara langsung. 

Extended solo
Extended solo adalah kursi solo yang memiliki ekor yang mengalir ke spatbor. Ini menawarkan bantalan yang cukup pada spatbor untuk berfungsi sebagai tempat duduk sementara bagi penumpang dadakan.

3. Pilih tinggi jok yang tepat untuk Anda
Ketinggian jok motor Anda adalah salah satu pertimbangan terpenting saat memilih dan mengendarai sepeda motor. Tinggi jok sepeda motor didefinisikan sebagai jarak dari tanah ke titik terendah sadel sepeda motor pada saat motor dalam posisi tegak. Pengukuran ini dapat bervariasi tergantung pada pengaturan suspensi. Metode paling sederhana untuk menghubungkan tinggi kursi dengan tipe tubuh adalah dengan melakukan pengukuran inseam, yaitu pengukuran dari pangkal paha ke tanah. Sadel dirancang dalam berbagai ukuran, bentuk, dan ketinggian karena setiap jenis sepeda motor memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Jika Anda sudah tahu seberapa tinggi jok tersebut dan Anda dapat menaikinya dengan nyaman, maka itulah jok terbaik untuk Anda.




Baca Juga, https://otodiva.com/2021/07/30/cara-memodifikasi-motor-kamu-menarik-nih/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here