Saat mencari alas kaki untuk menaiki sepeda motor , Anda mungkin akan banyak menemukan sepatu bot dan sepatu khusus di toko. Kedua opsi ini jauh lebih baik daripada alas kaki kasual, tetapi ada beberapa variasi di antara keduanya. Saat Anda berbelanja, Anda harus mengetahui perbedaan-perbedaannya. Nah, berikut beberapa tips memilih sepatu yang cocok untuk Anda para riders seperti dilansir Otodiva.com dari Fat Head Cycles, diantaranya yaitu:

Sepatu Bot
Sepatu bot sepeda motor adalah pilihan yang paling populer di kalangan pengendara. Sepatu bod dibuat khusus untuk mengendarai sepeda motor, ini dapat menjaga kaki dan pergelangan kaki Anda tetap aman. Sepatu bot menutupi sampai melewati pergelangan kaki Anda, gunanya untuk melindunginya dari kecelakaan, benturan, dan luka bakar pipa. Anda dapat menemukan sepatu bot ini dalam beberapa ukuran, dan Anda bahkan dapat memilih beberapa yang tingginya tepat di bawah lutut untuk memberikan perlindungan lebih pada betis. Selain menutupi mata kaki, sepatu bot sepeda motor juga tahan lama dan tahan saat terjadi kecelakaan. Bahan tebal sangat penting untuk menjaga kulit Anda dari trotoar dan bahaya lainnya dalam kecelakaan.

Sepatu bot ini biasanya memiliki ukuran pas yang masih memungkinkan gerakan yang cukup untuk  pengendara motor, mereka akan tetap dapat memindahkan gigi dan tetap terlindungi, bahkan dalam perjalanan jauh. Saat berbelanja sepatu bot sepeda motor, pertimbangkan perlengkapan opsionalnya, seperti kemampuan tahan air, kemampuan untuk mengganti sol, pelindung tulang kering ekstra, dan penggeser jari kaki.

Tips membeli sepatu sepeda motor terbaik
Anda mungkin akan mempertimbangkan beberapa faktor saat Anda mencari sepasang sepatu bot sepeda motor. Karena sebagian besar penggemar sepeda motor mencari alas kaki yang tetap aman dan nyaman saat dikendarai, ada baiknya meluangkan waktu untuk mempelajari apa saja yang termasuk dalam sepatu bot berkualitas tinggi. 

1. Tinggi
Ketinggian sepatu bot akan menentukan seberapa besar perlindungan yang diberikannya pada kaki Anda. Sepatu bot yang lebih tinggi dapat membantu mencegah kaki Anda keseleo dan patah. 

2. Bahan
Bahan sepatu Anda harus tahan terhadap aspal dan bahaya lingkungan lainnya. Sepatu bot sepeda motor terbaik adalah yang mempunyai kulit tebal atau tekstil khusus. 

3. Jahitan
Setiap sepatu bot yang Anda beli harus memiliki jahitan ganda atau tiga kali lipat untuk memastikannya tahan saat terjadi kecelakaan. Sepatu bot juga tidak boleh memiliki sol yang direkatkan, karena sol yang diikat dengan lem dapat dengan cepat terlepas dari bagian sepatu lainnya. Periksa apakah jahitan sepatu telah menjahit sol ke dalam sepatu bot untuk menahan alas kaki.

4. Sol
Sol yang Anda beli harus tahan oli, jika oli mengenai sol, bisa menyebabkan kaki Anda tergelincir dari motor. Sepatu bot dengan sol yang lebih lembut dapat menjadi pilihan Anda jika Anda menginginkan cengkeraman lebih pada pijakan kaki Anda.

5. Pas sesuai ukuran
Sepatu bot harus pas dengan kaki Anda, tanpa terlalu ketat sehingga kalau bisa hampir tidak mungkin untuk dipakai. Bahkan jika perlu waktu sedikit lebih lama untuk masuk dan keluar dari sepatu bot Anda, itu lebih bagus, karena sepatu bot yang pas akan lebih mungkin untuk tetap berdiri di kaki Anda.



Baca Juga, https://otodiva.com/2021/07/29/tips-yang-harus-dipakai-penumpang-motor/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here