Jika Anda tidak memiliki cukup cahaya saat mengendarai sepeda motor Anda dalam keadaan gelap, Anda akan berada dalam bahaya. Banyak orang sering meremehkan kemampuannya saat lampu motor mereka padam di antah berantah yang jauh dari rumah. Nah, Anda pun mulai saat ini harusĀ memperhatikan beberapa tanda lampu Anda akan mati, terbakar, dan lain-lain.

Beberapa tanda dapat memberi tahu pengemudi bahwa sudah waktunya untuk mengganti lampu depan mereka. Lampu depan yang sudah padam, redup atau berkedip-kedip adalah semua faktor yang menunjukkan perlunya mengganti bohlam motor Anda. Berikut tips yang sudah Otodiva.com kutip dari Fat Head Cycles. Yuk simak!

1. Lampu Berkedip

Jika lampu Anda mulai berkedip-kedip, itu salah satu indikator yang signifikan bahwa bohlam lampu depan Anda mencapai akhir masa pakainya. Filamen bohlam yang rusak akan sering menyebabkan masalah ini. Sambungan atau harness yang buruk juga bisa menjadi penyebabnya, jadi biasanya merupakan ide cerdas untuk memeriksa sepeda motor untuk melihat apa yang menyebabkan lampu berkedip. Lampu depan yang berkedip juga dapat berbahaya saat mengemudi di malam hari atau dalam cuaca buruk, karena dapat merusak atau mengurangi jarak pandang Anda. 

2. Lampu Meredup

Peredupan adalah indikator utama lain yang Anda butuhkan untuk mengganti lampu depan Anda. Peredupan cahaya adalah produk sampingan alami dari bohlam yang semakin tua. Karena lampu yang redup tidak akan memberikan penerangan yang cukup bagi pengendara, yang terbaik adalah mengganti bohlam sebelum benar-benar mati.

3. Tidak Semua Lampu Menyala

Lampu depan yang terbakar adalah tanda paling signifikan, Anda harus mengganti lampu depan Anda. Bola lampu yang terbakar tidak dapat menghasilkan cahaya. Mengemudi tanpa lampu depan yang berfungsi dapat menyebabkan kecelakaan yang membahayakan Anda sendiri atau penumpang Anda juga. Karena itu, pengendara harus segera mengganti lampu depan yang terbakar, dan tidak pernah mengemudi saat gelap saat lampu sedang tidak berfungsi dengan baik.

Namun, jika sepeda motor Anda memiliki dua lampu depan, penting juga untuk dicatat bahwa Anda harus mengganti keduanya jika satu bohlam padam. Ketika satu lampu mati, kemungkinan lampu lainnya juga mendekati akhir dari masa pakainya. Ganti kedua lampu depan untuk menghemat waktu dan pastikan lampu depan yang masih berfungsi tidak padam saat Anda berada di jalan.




Baca Juga, https://otodiva.com/2021/07/26/tips-agar-motor-kamu-tahan-lama/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here