Banyak dari kita tidak melakulan langkah-langkah yang benar saat menjual motor, hanya menjual, menerima uang, lalu sudah. Untuk menetapkan harga yang realistis untuk motor Anda pun harus melakukan riset terlebih dahulu dan lebih baik melakukan penelitian yang lebih spesifik. Dengan melihat iklan baris lokal, situs internet, dan lain-lain, temukan daftar harga rata-rata motor Anda yang dijual, terutama di daerah Anda. List harga rata-ratanya, detail terkecil, dan pertimbangkan harga ingin Anda pasang di motor Anda nanti. Nah, berikut beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika ingin menjual motor Anda, seperti dikutip Otodiva.com dari Motorcycle Cruiser. Simak yuk!

1. Bagaimana Kondisi Motor Anda?

Setelah melakukan riset harga, perhatikan sepeda Anda secara detail. Tentu, itu bagus untuk Anda pribadi — tidak pernah mengecewakan Anda dan masih menarik perhatian — tetapi apakah ada penyok atau goresan yang akan mengecewakan calon pembeli? Apakah ada sedikit lecet? Apakah masih terlihat baik digunakan? Apakah ada karat di tangki? Noda bahan bakar pada karbohidrat? Apakah kotoran terkumpul di bawah knalpot? Jika demikian, berapa banyak yang dapat diperbaiki sebelum Anda memasang harga, dan berapa banyak yang harus diperhitungkan dalam harga yang diminta? Kekurangan apa pun yang tidak dapat atau tidak ingin Anda perbaiki akan menurunkan harga motor itu sendiri.

2. Bersihkan Sepeda Anda Sebelum Menjualnya

Penampilan bukanlah segalanya yang dipikirkan pembeli saat melihat sepeda bekas, tetapi biasanya merupakan salah satu dari tiga hal teratas. Penampilan menceritakan tentang kondisi dan perawatan mesin, dan sepeda motor yang sangat bersih menginspirasi banyak orang, terutama pada calon pemilik sepeda motor.

3. Seberapa Baik motor Anda Berjalan?

Jika sepeda berjalan dengan baik, satu set busi yang baru masih merupakan asuransi yang baik. Jika oli atau cairan lain sedikit kotor, Anda harus menggantinya. Filter udara harus bersih, dan semua kontrol harus disesuaikan dengan benar sesuai manual.

4. Apakah Sepeda Anda Ada Barang yang Perlu Diganti?

Kecuali Anda ingin memotong harga untuk mengimbanginya, suku cadang yang terlihat aus harus diganti. Mengganti beberapa barang sederhana—karet shift, pegangan tangan, sprocket, rantai, ikat pinggang, dll.—dapat menempuh jarak beberapa mil. Rantai harus disetel, kecuali ada bagian yang sempit atau sproket sudah aus. 

5. Berurusan Dengan Pembeli Saat Menjual Motor

Secara umum, jalan terbaik adalah memberikan jawaban singkat dan jujur ​​tentang motor. Beri tahu mereka tentang kondisi dan peralatannya, tetapi jangan bahas harga, biarkan mereka melihatnya. terlebih dahulu

Bertemu Pembeli Jika pembeli melihat motor tetapi tidak mau atau tidak dapat membayar harga Anda, atau memiliki reservasi lain, dapatkan nomor teleponnya dan hubungi dia kembali untuk menegosiasikan ulang jika sepeda belum terjual dalam beberapa minggu. Jika tawarannya lebih rendah dari yang Anda kira seharusnya, diskusikan riset Anda dan keunggulan sepeda. Mungkin Anda bisa melepas beberapa aksesori untuk dijual terpisah untuk memenuhi tawarannya.

6. Membiarkan Pembeli Menguji Motor Anda

Pembeli tentu saja ingin tahu seberapa baik sepeda itu bekerja, dan mereka mungkin akan menyarankan uji coba. Kecuali pembeli menyerahkan seluruh jumlah harga yang Anda minta, tidak mungkin Anda mengizinkan ini. Lebih baik Anda juga tidak menyarankan untuk mengizinkan test ride apa pun di mana pembeli tidak memiliki SIM atau dukungan sepeda motor yang valid dan, minimal, helm.

7. Menutup Kesepakatan

Tempat terbaik untuk menutup transaksi adalah bank pembeli. Jika Anda bertemu di banknya, dia tidak perlu muncul dengan kantong menggembung dengan uang tunai dan Anda tidak perlu pergi dengan masalah yang sama. Anda bisa mendapatkan cek yang dibuatkan untuk Anda dari bank. Dan jika pengalihan hak memerlukan notaris, sebagian besar bank juga dapat menyediakannya.

Anda harus memiliki formulir tagihan penjualan yang disiapkan dengan periode pembelian kembali yang telah disepakati yang ditentukan dan tempat untuk tanggal dan waktu penjualan. Anda mungkin ingin bank menyaksikannya, dan Anda serta pembeli harus menandatanganinya. Dan yang terpenting,  motor harus dikunci saat Anda melakukan transaksi penjualan. 



Baca Juga, https://otodiva.com/2021/08/01/tips-foto-aesthetic-bareng-motor/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here