Jika Anda memiliki masalah dengan pintu mobil yang tidak dapat tertutup rapat, hal ini harus segera ditangani karena bisa mengundang pencuri untuk mencuri mobil yang Anda miliki. Namun, hal ini sering diabaikan. Selain alasan mengundang pencuri, kendaraan dengan gerendel pintu yang rusak dapat dengan mudah mengeluarkan seseorang jika suatu waktu terjadi kecelakaan, terutama jika penumpangnya tidak mengenakan sabuk pengaman. Maka dari itu segera cari tau penyebabnya dan perbaiki.

Berikut adalah beberapa penyebab paling umum untuk pintu yang tidak dapat menutup dengan benar yang harus Anda lakukan untuk memperbaikinya, dikutip oleh Otodiva.com dari familyhandyman.com. Yuk simak!

1. Kait bermasalah

Kait pintu yang macet, terikat atau berkarat akan menyebabkan pintu sulit menutup. Coba semprotkan minyak pada mekanisme kait atau anti karat. Tunggu beberapa menit dan kemudian bersihkan grunge atau kotoran dari kait dengan lap bersih. Pastikan untuk tidak “menutup” gerendel saat membersihkan kotoran. Kerjakan kenop pintu beberapa kali dan kemudian periksa untuk melihat apakah pintunya tertutup dengan benar, karena terkadang gerendel bisa menutup secara tidak sengaja. Lihatlah posisi gerendel pada pintu yang tidak mau menutup dan bandingkan dengan pintu yang menutup secara normal. Kait harus dalam posisi “terbuka” (mirip dengan bukaan pada huruf “C”) untuk meluncur di atas jangkar. Jika dalam posisi tertutup, ambil obeng dan dorong perlahan ke atas atau putar gerendel sambil mengoperasikan kenop pintu untuk melepaskan gerendel. Perbaikan gerendel yang rusak sebaiknya diserahkan kepada mekanik untuk diperbaiki.

2. Masalah pada Gagang Pintu

Gagang pintu terletak di bagian dalam dan luar pintu mobil. Saat Anda menarik bagian dalam atau mengoperasikan pegangan pintu luar, mereka akan memperpanjang batang logam atau menarik kabel yang melepaskan kait pintu dari jangkar. Gagang atau pengait pintu yang terikat atau macet akan membuat pintu dalam posisi terbuka. Ambil obeng dan dorong perlahan ke atas atau putar kait saat mengoperasikan gagang pintu untuk melepaskan kait. Ganti gagang pintu yang tidak berfungsi, serahkan tautan pelepas kait pintu atau kabel pelepas kait yang rusak ke ahlinya.

3. Jangkar Pintu

Sebuah jangkar pintu keluar dari penyesuaian mencegah pintu menutup. Lihatlah jangkar untuk menemukan tanda di mana kait mengenai jangkar. Kendurkan baut penahan angkur, gerakkan angkur sedikit, sekaligus naik/turun dan masuk/keluar. Kemudian kencangkan kembali dan lihat apakah pintunya tertutup. Penyesuaian ini mungkin melibatkan sedikit trial and error.

4. Engsel pintu

Jika menyetel jangkar tidak menyelesaikan masalah, periksa kesejajaran pintu. Jika pintu terkulai atau ruang antara pintu dan spatbor tidak rata, engsel pintu kemungkinan besar aus dan membungkuk dari pintu yang ditiup terbuka oleh tiupan angin atau rusak karena tertabrak saat kecelakaan. Karena pintu mobil jauh lebih berat daripada yang terlihat, dan penempatan/penyetelan engsel sangat penting, biarkan bengkel Anda menangani perbaikan bodi mobil ini.

5. Elektronik

Motor (aktuator) kunci pintu daya yang tidak berfungsi atau korslet yang terjebak dalam posisi “terbuka” secara mekanis dapat mencegah pintu menutup. Periksa sekering dan coba pukul pintu dengan tangan Anda di dekat sakelar dan rakitan kait untuk membebaskan motor kunci pintu yang macet.

Dengan perangkat mekanis dan elektrik pengunci pintu yang terletak di dalam kusen pintu, membuat perbaikan kunci/gerendel pintu bisa menjadi rumit. Siapkan manual perbaikan dan alat khusus sebelum mencoba memperbaiki sendiri masalah pintu apapun.

6. Cuaca Dingin

Suhu rendah bersama dengan kelembapan, dapat menyebabkan kunci pintu membeku dan mencegah pintu Anda terbuka atau tertutup. Perbaikan sederhana adalah menyemprotkan kunci dengan deicer atau WD-40 dan jangan pernah menggunakan air mendidih.

Jika Anda tidak memiliki barang-barang ini, coba lapisi kunci dengan pembersih tangan. Alkohol dalam pembersih tangan akan mencairkan es di dalam kunci. Masukkan kunci secara perlahan, goyangkan sedikit jika Anda kesulitan memasukkannya. Biarkan kunci di tempatnya selama 30 hingga 45 detik agar alkohol mencairkan es.



Baca Juga, https://otodiva.com/2021/08/01/alarm-mobil-sering-bunyi-tanpa-sebab-mungkin-ini-penyebabnya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here