Jika Anda pernah bergumul dengan semut di rumah, Anda pasti tahu betapa frustasinya mereka untuk disingkirkan. Sayangnya, rumah bukan satu-satunya tempat para tamu tak diundang ini bisa mendirikan toko. Kendaraan adalah tempat lain yang dapat menampung semut untuk waktu yang lama. Semut adalah makhluk kecil yang pintar dan cukup tangguh untuk ukurannya. Semut  mencari makan dan meninggalkan sinyal yang dikenal sebagai feromon jika mereka menemukan makanan sehingga semut lainnya dapat membantu membawanya kembali ke koloni. Semut adalah omnivora, jadi mereka tidak pandang bulu dengan apa yang mereka suka makan. Sisa-sisa minuman manis dan remah-remah terkecil bisa menjadi pesta yang luar biasa.

Mengapa Kendaraan Saya Ada Semut?

Jika Anda melihat satu atau dua semut di dalam mobil, kemungkinan besar mereka adalah pekerja sendirian yang mencari makanan. Jika mereka tidak menemukan apa pun, mereka akan pergi. Alasan paling umum semut masuk ke dalam kendaraan adalah karena parkir di dekat sarang semut, biasanya di dekat pepohonan atau area berumput. Kemungkinan lain penyebab semut masuk adalah dari barang barang tempat semut tinggal, misalnya Anda baru saja meninggalkan kotak yang ternyata didalamnya ada semut. Hal ini bisa menyebabkan semut berkembang biak dan memenuhi mobil Anda.

Ada banyak hal yang bisa dicoba untuk menyingkirkan semut di mobil Anda dan biasanya yang paling aman dan terbaik adalah mencoba metode yang tidak terlalu invasif terlebih dahulu. Berikut beberapa tips yang dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com. Yuk simak!

1. Pindahkan Kendaraan

Untuk berjaga-jaga jika mobil parkir di dekat sarang semut, memindahkannya jauh dapat mengatasi masalah karena semut tidak akan dapat menemukan mobil Anda lagi. Namun, perlu diingat bahwa feromon semut bisa menjadi kuat dan semut dapat menemukan jejaknya lagi jika kendaraan tidak dipindahkan cukup jauh.

2. Bersihkan Bagian Dalam Kendaraan

Salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan kendaraan secara menyeluruh dengan produk detailing interior yang berkualitas. Buang semua sampah, karena bahkan bungkus permen dan cangkir minuman bekas pun dapat memiliki banyak molekul makanan untuk dinikmati semut.

Kemudian vakum mobil sepenuhnya, termasuk semua celah. Ini untuk menghilangkan remah-remah dan semut sebanyak mungkin. Gunakan penyedot debu dengan banyak alat tambahan untuk melakukan pekerjaan terbaik, dan jangan lupa untuk mengangkat tikar dan karpet apa pun yang Anda bisa untuk mencoba menjangkau setiap permukaan termasuk bagasi.

3. Bersihkan Eksterior Kendaraan

Roda biasanya merupakan satu-satunya titik kontak antara mobil dan tanah, jadi sangat penting untuk membersihkannya dengan baik untuk menghilangkan jejak feromon dari pencarian mereka. Pertimbangkan untuk menerapkan anti semut pada ban untuk perlindungan ekstra.

Cuci sisa kendaraan seperti biasa dan beri perhatian ekstra pada bagian bawah, lubang roda, dan ruang mesin. Tekanan sedang akan membantu mengusir semut yang berjalan di sekitar area tersebu. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak tekanan di bawah tenda untuk menghindari kerusakan.

4. Usir Dengan Bahan Alami

Jika Anda membersihkan interior dan eksterior kendaraan dan masih mengalami masalah. Anda dapat memberikan beberapa solusi alami. Ini biasanya tidak seefektif tetapi patut dicoba.

– Kayu manis atau Mint

Semut tidak menyukai bau salah satu dari rempah-rempah ini dan kayu manis benar-benar dapat membunuh mereka. Taburkan kayu manis di dalam mobil tempat Anda melihat semut, terutama di titik masuk yang memungkinkan atau Anda bisa menempatkan seikat daun mint di sekitar mobil Anda.

Jika rempah-rempah bekerja untuk menyingkirkan semut, luar biasa! Jika tidak, setidaknya mobil Anda berbau seperti roti atau permen karet segar.

Cuka

Semut juga tidak menyukai bau cuka, jadi ini dapat digunakan sebagai pencegah yang efektif dan bahkan dapat menutupi jejak feromon mereka.

Coba semprotkan campuran 50/50 cuka putih dan air pada permukaan kendaraan. Cuka sangat asam, jadi ini masih merupakan larutan yang cukup kuat. Berhati-hatilah pada permukaan mobil yang berbeda: hindari larutan ini pada cat eksterior dan merupakan ide yang baik untuk menguji permukaan yang berbeda di area yang tidak terlalu terlihat untuk memastikan tidak merusaknya.

– Kapur

Untuk beberapa alasan, semut tampaknya menghindari kapur. Jadi cobalah menguraikan ban dengan kapur di mana kendaraan diparkir. Infestasi hama adalah banyak pekerjaan yang harus diatasi, tetapi mudah-mudahan Anda dapat menemukan solusi yang sesuai untuk Anda dan situasi Anda untuk menyingkirkan semut dan mereka tidak akan kembali.

Jika Anda masih mengalami masalah, ada banyak perusahaan pengendalian hama yang baik yang dapat membantu Anda.




Baca Juga, https://otodiva.com/2021/08/02/pintu-mobil-tidak-bisa-tertutup-rapat-ini-penyebabnya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here