Sebenarnya, banyak sekali langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan dalam mengendarai motor di berbagai situasi, terutama saat kemacetan yang panjang. Hal ini terkadang suka disepelekan dengan sebagian orang, namun tetap saja Anda harus berhati-hati. Nah, berikut merupakan langkah-langkah mengendarai motor saat macet tiba, seperti dikutip Otodiva.com dari Motorcyclist. Yuk simak!

1. Perhatikan kepala dan kaca spion pengemudi

Kebanyakan pengemudi tidak akan menerjang ke kiri atau ke kanan tanpa terlebih dahulu menggerakkan kepala mereka satu atau lain cara (bahkan jika mereka tidak memeriksa kaca spion mereka). Jadi, perlu untuk sesekali memperhatikan pengemudi lain karena khawatir ingin berbelok.

2. Percayai spion Anda, tetapi tidak sepenuhnya

Kaca spion motor Anda bisa menjadi penyelamat, tetapi tidak selalu melihatkan keseluruhan belakang Anda meskipun telah disesuaikan dengan benar. Dalam lalu lintas, selalu dukung kaca spion Anda dengan pandangan sekilas. Lakukan dengan cepat dan Anda akan menambahkan ukuran ekstra dari pandangan belakang dan pengetahuan blind-spot Anda nantinya.

3. Jangan pernah berada di antara kendaraan

Aturan sederhananya adalah jangan pernah memposisikan diri Anda di antara kendaraan. Melewati di sebelah kanan umumnya tidak boleh, tetapi di zaman sekarang ini terkadang diperlukan. Jadi jika Anda melakukannya, lakukan di antara pintu keluar atau persimpangan jalan yang terlihat aman.

4. Siapkan rem Anda

Dalam lalu lintas Anda harus sering bereaksi ekstra cepat, yang berarti tidak meraba-raba tuas atau pedal rem. Untuk meminimalkan waktu jangkauan, selalu letakkan satu atau dua jari pada tuas rem dan jari kaki kanan Anda dekat dengan pedal rem belakang. Ini akan mempersiapkan Anda saat lampu merah tiba-tiba menjadi hijau atau pada saat jalanan tiba-tiba lancar.

5. Lalu lintas melambat? Tetap di kiri atau kanan

Saat lalu lintas tiba-tiba melambat, tetaplah di kiri atau kanan kendaraan di depan Anda. Ini akan memberi Anda rute pelarian jika diperlukan. Ini juga akan membantu mencegah Anda menjadi hiasan kap mobil jika mobil di belakang Anda gagal berhenti tepat waktu. Setelah Anda berhenti, bersiaplah – kopling, motor Anda di gigi dan mata Anda di kaca spion.


Baca Juga, https://otodiva.com/2021/08/03/viral-emak-emak-masukin-motor-ke-igd/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here