Walaupun Anda hanya menggunakan mobil sekali dalam sebulan atau hanya sekali dalam seminggu, mobil Anda tetap membutuhkan perhatian yang sama. Periksa mobil Anda secara bersekala agar Anda selalu aman pada saat di perjalanan. Apa yang harus Anda cari? Apa yang harus Anda lakukan? Berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukan pemeriksaan mobil sederhana yang sudah dikutip oleh Otodiva.com dari The Car Connection. Yuk simak!

1. Periksa udara ban 

Setiap bulan, Anda perlu untuk memastikan semua ban, termasuk ban cadangan, dan semua ban juga harus dipompa dengan benar. Tingkat tekanan yang tepat untuk ban kendaraan Anda tercantum dalam manual pemilik mobil Anda dan pada stiker yang terletak di kusen pintu sisi pengemudi. Jangan gunakan apa yang tertera di dinding samping ban. Perlu diketahui juga bahwa tingkat tekanan ban depan dan belakang pada beberapa mobil berbeda. Carilah keausan ban yang tidak merata pada saat yang bersamaan. Mengapa ini penting? Keausan yang tidak merata dapat mengindikasikan masalah dengan penyelarasan, keseimbangan roda, atau suspensi yang perlu diperbaiki.

2. Periksa oli, cairan pendingin, dan cairan

Selanjutnya, lakukan pemeriksaan menyeluruh setiap bulannya untuk memastikan semua oli, pendingin, dan cairan tersedia dengan cukup. Ini berarti juga memeriksa level bahan bakar, oli engine dan cairan pendingin, serta cairan rem, transmisi, dan power steering. 

3. Periksa selang

Saat Anda memeriksa level cairan, periksa juga selang apakah ada tanda-tanda retak, atau ada bagian yang hilang, selang yang mungkin terpotong atau terkelupas karena kontak dengan komponen lain. Periksa ujung selang untuk kelembaban, endapan atau penumpukan cairan pendingin kering.

4. Pastikan lampu berfungsi dengan baik

Periksa semua lampu termasuk lampu sein, rem parkir, serta lampu cadangan dan lampu belakang. Ini akan sangat membantu Anda di perjalanan, jika salah satunya mati, Anda akan kesulitan dan akan berbahaya nantinya.

5. Periksa baterai untuk pengisian daya yang baik

Pada setiap penggantian oli, periksa kabel baterai untuk memastikan kabel terpasang dengan aman. Jika ada tanda-tanda korosi, lepaskan kabel untuk membersihkan area tersembunyi yang bersentuhan dengan terminal baterai. Tergantung pada pola penggunaan dan iklim setempat, sebagian besar baterai memiliki masa pakai tiga hingga lima tahun.






Baca Juga, Tips Agar AC Mobil Anda Lebih Dingin Dari Biasanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here