Home Roda 2 Pilihan Warna Motor Yang Aman, Loh Emang Ada?

Pilihan Warna Motor Yang Aman, Loh Emang Ada?

0
32

Sepeda motor hadir dalam berbagai warna. Semua orang tahu itu, tapi tahukah Anda bahwa warna sebenarnya bisa lebih dari sekadar daya tarik visual? Sebenarnya, warna sepeda motor Anda benar-benar dapat menyelamatkan hidup Anda. Tidak semua warna diciptakan sama dan akan memiliki efek yang sama juga pada visibilitas sepeda motor Anda. Jadi apa warna paling aman untuk sepeda motor? Jawabannya adalah putih. Putih adalah warna sepeda motor terbaik untuk visibilitas karena menciptakan kontras yang tinggi dengan benda-benda di sekitarnya di jalan. Warna terang lainnya seperti krem, krem, dan kuning juga aman, namun warna putih adalah warna sepeda motor yang paling terlihat dan aman. Nah, berikut beberapa penjelasan yang sudah dilansir Otodiva.com dari Motorcycle Brave, diantaranya sebagai berikut:

Hubungan antara warna kendaraan dan risiko kecelakaan

  • Secara total, 17 warna berbeda diselidiki. Para peneliti menemukan hal berikut—warna putih tampaknya menjadi warna yang paling aman, dibandingkan dengan:
  • Hijau memiliki risiko 4% lebih tinggi.
  • Biru memiliki risiko kecelakaan 7% lebih tinggi.
  • Merah memiliki risiko 7% lebih tinggi.
  • Perak memiliki risiko kecelakaan 10% lebih tinggi.
  • Gray dikaitkan dengan peningkatan risiko kecelakaan sebesar 11%.
  • Hitam dikaitkan dengan risiko kecelakaan 12% lebih tinggi.

    Warna terbaik dalam hal visibilitas

    Warna yang mendekati putih dari segi keamanan adalah kuning, krem, dan krem—semua warna yang sangat terang dan terlihat. Namun, putih terbukti menjadi warna paling aman di segala kondisi cahaya. Putih dan warna lain yang lebih terang menciptakan kontras yang lebih baik antara kendaraan dan sekitarnya di jalan, membuatnya lebih mudah dikenali dan dibedakan. Putih, kuning, krem, dan warna lebih terang lainnya menonjol dan memiliki indeks visibilitas yang lebih baik.

Warna terburuk dalam hal visibilitas

Sebagai perbandingan, warna yang lebih gelap seperti hitam, abu-abu, perak, biru, hijau, dan bahkan merah memiliki indeks visibilitas yang lebih rendah dan dapat dengan mudah berbaur dengan sekelilingnya—terutama dalam kondisi kurang cahaya. Selain itu, ada hubungan yang ditemukan antara warna yang lebih rendah pada indeks visibilitas dan tabrakan yang lebih parah. Hitam adalah salah satu warna paling populer untuk sepeda motor. Hitam terlihat gaya dan keren, dan sepertinya ada sesuatu yang sangat istimewa dari warna itu. Di antara warna terburuk adalah hitam, abu-abu, perak, biru, dan merah. Warna lain seperti hijau, ungu, dan merah muda, juga dikaitkan dengan risiko kecelakaan yang lebih tinggi, meskipun datanya tidak signifikan secara statistik.

Perbedaan jarak pandang pada siang dan malam

Saat senja dan fajar, hitam memiliki risiko kecelakaan 47% lebih tinggi dibandingkan dengan putih, abu-abu memiliki 25% lebih tinggi, dan perak memiliki risiko kecelakaan 15% lebih tinggi. Meskipun demikian, pada siang hari, efek warna pada risiko tabrakan adalah yang paling kuat dan lebih konsisten. Namun, pada malam hari, segalanya terbukti sangat berbeda. Semua warna tampil serupa dalam hal visibilitas dan kontras pada malam hari, dan risiko tabrakan relatifnya serupa. Perbedaan risiko kecelakaan berkurang hingga 10% untuk warna yang lebih gelap dibandingkan dengan warna putih. Jadi pada malam hari, warna mungkin tidak memainkan peran penting seperti pada siang hari atau saat senja dan fajar.



Baca Juga, https://otodiva.com/2021/08/01/cara-yang-perlu-kamu-ikuti-ketika-ingin-jual-motor/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here