Para staff termotivasi lebih dari upah mereka, seperti menggunakan mobil perusahaan terutama jika itu baru. Ini juga bermanfaat bagi pemilik bisnis, karena jelas perusahaan mereka baik-baik saja. Namun, itu tidak semudah hanya menyerahkan kunci. Ada beberapa pemeriksaan driver yang harus dilakukan serta dokumen yang harus diselesaikan.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang pertama kali menyediakan mobil perusahaan kepada stafnya. Kami melihat apa yang perlu dilakukan bisnis, mulai dari memutuskan untuk membeli atau menyewa asuransi dan implikasi pajak. Tanggung jawab mobil ada pada bisnisnya, bukan pengemudinya. Berikut beberapa tips yang dikutip oleh Otodiva.com dari businessblogshub.com. Yuk simak!

1. Ini Bukan Mobil Mereka

Kendaraan itu bukan milik orang yang menggunakannya. Tanggung jawab untuk mobil adalah dengan bisnis. Tanggung jawab untuk segala hal mulai dari perawatan mobil, termasuk servis dan perawatan, hingga asuransi, ada di tangan perusahaan, bukan karyawan yang mengemudikan mobil perusahaan sebagai imbalan.

2. Pertanggungan

Baik menyewakan mobil perusahaan dan membayar biaya yang mencakup perawatan dan lain lain, dengan rencana pengelolaan armada. Jika bisnis Anda membeli kendaraan, dapatkan kesepakatan asuransi kendaraan perusahaan yang kompetitif.

3. Pajak

Tahukah Anda bahwa akan ada implikasi pajak untuk bisnis Anda ketika Anda memiliki mobil perusahaan? Bisnis Anda akan membayar Asuransi Nasional pada nilai mobil pada tingkat 13,8%.

4. Pemeliharaan

Beberapa pengemudi akan berperilaku sedikit berbeda dengan mobil perusahaan, yaitu mereka akan kurang cerdas tentang perawatannya daripada  mereka mengetahui akan membayar tagihan untuk perbaikan.

Misalnya, pengemudi mungkin tidak terlalu peduli dengan kebersihan mobil atau cara mengemudinya. Mereka lebih cenderung memarkir terlalu dekat dengan mobil lain dan berisiko mengalami penyok di dalamnya karena pintu mobil lain terbuka dan menabrak mobil.  Dan juga mereka akan mengambil risiko mengambil mobil jalan off-road ketika mereka pada akhirnya tidak bertanggung jawab untuk itu.

Tahukah Anda bahwa hingga 25% dari semua kecelakaan lalu lintas jalan melibatkan mobil perusahaan, yang mungkin tidak terdengar seperti statistik yang buruk, sampai Anda mempertimbangkan bahwa hanya sekitar 10% hingga 15% kendaraan di jalan yang merupakan kendaraan milik perusahaan.

5. Memiliki Kebijakan Tertulis

Setiap bisnis dengan segala jenis armada kendaraan yang dikemudikan oleh karyawan sangat disarankan untuk memiliki kebijakan tertulis yang merinci segala sesuatu mulai dari bagaimana kendaraan harus dirawat dari menjaga hingga bersih untuk memastikannya diservis segera hingga denda jika  pengemudi ditemukan bersalah saat terjadi kecelakaan, baik selama jam kerja atau tidak.

Kebijakan tersebut harus singkat dan jelas dan harus diberikan kepada setiap karyawan yang akan menerima satu set kunci mobil perusahaan.

6. Periksa Surat Izin Mengemudi

Meskipun sistem kehormatan itu mulia dan mengagumkan, ketika menyangkut keselamatan karyawan Anda, kendaraan Anda, dan orang lain di jalan, itu terserah Anda untuk memeriksa surat izin mengemudinya dan jika Anda memiliki sedikit pun keraguan untuk keaslian periksalah detailnya.

Seseorang yang mengemudikan mobil Anda tanpa lisensi tidak hanya dapat merusak reputasi bisnis Anda, tetapi juga dapat kehilangan armada Anda. Tindakan keras polisi terhadap mobil yang tidak diasuransikan dan pengemudi yang tidak memiliki izin dan bos yang terlalu lunak mungkin menemukan diri mereka dalam masalah hukum karena tidak memastikan bahwa pengemudi mereka benar-benar memenuhi syarat untuk pekerjaan yang ada.

7. Investasikan dalam Keterampilan Mengemudi Tingkat Berkepanjangan

Keterampilan mengemudi yang canggih dan defensif adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa pengemudi Anda melaju dengan hati-hati di jalan.

Misalnya, mencari potensi bahaya dan mengambil langkah-langkah pencegahan sejak dini dan dengan demikian, dengan keberuntungan, menghindari insiden sama sekali.

Cara pasti untuk mengetahui bahwa pengemudi mobil perusahaan Anda paling siap untuk menangani mobil adalah dengan menghubungi sekolah mengemudi tentang datang untuk memberikan ceramah massal kepada semua pengemudi Anda dan jika diperlukan, membayar kehadiran mereka di kursus mengemudi defensif. Jika ini tidak layak untuk perusahaan Anda karena keterbatasan anggaran, Anda dapat menawarkan bonus kepada siapa saja yang muncul dengan sertifikat mengemudi lanjutan mereka.

8. Tanggung jawab Anda untuk Menyediakan Mobil yang Aman

Satu fakta yang terkadang mengejutkan pemilik bisnis adalah Anda bertanggung jawab untuk menyediakan mobil yang aman untuk dikendarai oleh karyawan Anda. Meskipun mereka biasanya sendirian saat bepergian ke atau dari tempat kerja, Anda bertanggung jawab untuk mengemudi sebagai bagian dari tugas pekerjaan mereka.

Ketika bisnis Anda memiliki armadanya, ia perlu memastikan mereka sesuai dengan tujuan dan layak jalan. Ingat, pengemudi mobil perusahaan akan memakai ban mobil lebih cepat karena mengemudi dengan berat, kata Iverson Tyres yang berbasis di London.



Baca Juga, Tips Mencegah Mobil Anda Dicuri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here