Pencurian mobil tiap hari tiap marak dirasakan oleh para pemilik mobil terutama saat masa pandemi. Banyak orang yang mengalami krisis ekonomi sehingga memutuskan untuk memilih jalan keluar mencari uang dengan tindak kriminal. NICB mengatakan tekanan ekonomi akibat pandemi dan keterbatasan sumber daya keselamatan sosial dan publik mungkin telah membantu mendorong peningkatan tersebut. Maka dari itu penting untuk mencegah pencurian mobil Anda.

Berikut di bawah ini adalah tips bagaimana agar mobil Anda tidak menjadi sasaran pencuri yang dikutip oleh Otodiva.com dari consumerreports.org. Yuk simak!

1. Praktek Parkir Cerdas

 Kebiasaan sederhana dapat membuat perbedaan besar. Jangan pernah meninggalkan kendaraan Anda yang tidak dijaga tidak terkunci. Cobalah untuk parkir di area yang ramai dan memiliki penerangan yang baik.”Sebagian besar pencurian kendaraan dan perampokan adalah akibat dari pintu kendaraan yang tidak terkunci,” kata Crystal Clark, Sheriff Hillsborough County di Florida. Periksa apakah Anda memiliki kunci atau fob dan simpan barang berharga di tempat yang tidak terlihat untuk mencegah pencurian.

2. Tambahkan Kunci dan Sistem Alarm

Polisi mengatakan kunci roda kemudi yang terlihat seperti The Club dan Disklok berfungsi dengan baik sebagai pencegah dan menambahkan sistem alarm aftermarket, yang sering kali menyertakan lampu merah berkedip yang dapat terlihat, ini bisa menjadi ide bagus untuk kendaraan tua tanpa sistem bawaan.

3. Lampu yang Terang

Pencahayaan dapat menjadi pencegah pencurian yang efektif, terutama jika Anda parkir di jalan masuk, kata Kapten Martin Rodriguez dari Los Angeles County Sheriff’s Department.  Dia merekomendasikan lampu pendeteksi gerakan, yang dapat menyalakan pencuri dan memperingatkan orang-orang di rumah. Kamera bel pintu, seperti Google Nest Hello dan Ring, dapat membantu polisi mengidentifikasi tersangka. Jangan lupa juga untuk menyimpan kunci di dalam rumah. Jangan pernah meninggalkannya di dalam mobil atau garasi.

4. Lacak Mobil Anda

Sistem pelacakan aftermarket tidak akan mencegah pencurian, tetapi mereka dapat membantu menemukan mobil Anda setelah kejadian itu. Beberapa perangkat GPS dasar dicolokkan ke port komputer kendaraan Anda, tetapi perangkat tersebut juga dapat dengan mudah dilepas.  Sistem terintegrasi yang lebih kompleks, seperti LoJack, memerlukan instalasi profesional. Beberapa model mobil terbaru menyediakan pelacakan melalui layanan berbasis langganan.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here