Ditengah pandemi seperti ini, virus mudah sekali menyebar dengan cepat. Apalagi bagi pengendara motor yang mana tanpa penutup atau outdoor. Khawatir banyak virus yang menempel atau terbawa luar jalanan saat mengendarai motor. Meskipun bagi sebagian orang memberlakukan WFH (Work From Home) namun tidak menutup kemungkinan dengan kepentingan lainnya diluar. Jika Anda terpaksa harus keluar rumah ditengah pandemi ini dan Anda adalah pengendara motor, ada tips yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa tips yang dikutip oleh Otodiva.com dari otomotif.okezone.com. Yuk simak!

1. Memakai Masker Dua Lapis

Pemerintah kini sudah mewajibkan masyarakatnya untuk memakai masker dua lapis. Selain wajib karena untuk melindungi dari paparan virus covid-19, ini bisa melindungi anda dari debu dan kotoran di jalanan.

2. Menggunakan Sarung Tangan

Menurut WHO sumber virus paling banyak yaitu berada di telapak tangan. Gunakan Sarung Tangan saat mengendarai sepeda motor agar melindungi tangan Anda dari kontak langsung pada benda, karena hal ini bisa saja mengakibatkan virus menempel di tangan Anda. Selain melindungi tangan dari virus, memakai sarung tangan bisa melindungi tangan Anda dari sinar matahari agar terhindar dari kulit yang belang.

3. Menggunakan Hand-Sinitizer

Bawalah hand-sinitizer kemanapun Anda berpergian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sumber bakteri dan virus paling banyak yaitu berada di tangan. Gunakan hand-sinitizer agar tangan selalu terhindar dari virus.

4. Usahakan tidak berboncengan

Seperti protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah yaitu salah satunya social distancing yaitu menjaga jarak. Usahakanlah naik motor dengan sendiri tanpa berboncengan dengan orang lain, agar tetap menjaga protokol kesehatan.

5. Membersihkan Diri Setelah Berkendara

Setelah berkendara diluar sebaiknya Anda langsung membersihkan diri seperti mencuci tangan, mengganti baju, dan mandi. Untuk memastikan bahwa Anda tidak membawa virus dari luar jalanan ke dalam rumah Anda.

6. Mencuci Kendaraan Anda

Rajinlah membersihkan kendaraan Anda dengan mencuci secara rutin. Selain bisa menghilangkan virus-virus yang menempel pada kendaraan Anda, hal ini juga bisa membuat kendaraan Anda terlihat lebih mengkilap seperti baru.


Baca Juga, https://otodiva.com/2021/08/04/ini-dia-langkah-berkendara-motor-yang-tepat-saat-kemacetan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here