Harga Aki mobil tidak murah, tetapi sayangnya kita semua harus menggantinya di secara terjadwal dalam kehidupan berkendara kita. Ini adalah bagian rutin dari perawatan mobil yang harus dipelajari setiap orang. Jika Anda memang harus mengganti aki mobil, pastikan Anda melakukannya di area yang memiliki ventilasi yang baik. Pastikan Anda sudah familiar dengan instruksi manual Anda jika tidak, mungkin ada baiknya untuk meninjaunya sebelum Anda mulai mengganti aki mobil Anda. Biarkan kap mobil terbuka selama beberapa menit sebelum Anda memulai tugas, dan saat Anda siap, pastikan Anda melanjutkan dengan hati-hati. Ikuti petunjuk pada manual Anda sedekat mungkin.

Anda harus tahu bahwa ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperpanjang umur aki mobil Anda yang menghemat uang Anda dalam jangka panjang dan menunda keharusan menggantinya. Berikut 8 cara yang dikutip oleh Otodiva.com dari tips4lifeus.blogspot.com untuk memperpanjang usia aki mobil Anda. Yuk simak!

1. Cek Secara Rutin

Memeriksa aki mobil Anda setiap bulan adalah kebiasaan yang baik untuk dikembangkan. Anda akan ingin memeriksa penumpukan korosi pada terminal baterai. Ini adalah salah satu penyebab utama masalah pada mobil dan juga dapat mengurangi masa pakai aki mobil Anda secara drastis. Dengan memeriksanya secara teratur, Anda dapat menghindari penumpukan saat terbentuk. Pemeriksaan bulanan juga dapat mencegah sejumlah masalah lain yang mungkin terjadi di balik kap mobil Anda.

2. Penggunaan listrik yang tidak perilu

Saat kunci kontak mobil Anda mati, pastikan Anda tidak menggunakan berbagai aksesori mobil Anda seperti lampu, radio, atau barang elektronik lainnya. Anda mungkin menyadari bahwa ini sangat menguras aki mobil Anda dan itu benar-benar dapat dihindari. Membiarkan lampu menyala mungkin adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk masa pakai baterai mobil Anda.

3. Amankan baterai

Periksa secara teratur apakah kabel baterai Anda terhubung dengan benar agar tidak merusak baterai dan mobil sama sekali. Jika baterai Anda menabrak saat Anda mengemudi karena tidak pada tempatnya, itu dapat membuat korsleting yang dapat merusak baterai yang membuatnya benar-benar tidak dapat digunakan. Skenario terburuk akan merusak mobil Anda dalam prosesnya.

4. Periksa isolasi mobil

Jika Anda tinggal di daerah yang mengalami suhu ekstrem, baik panas ekstrem maupun dingin ekstrem. Ada kit isolasi baterai yang dapat Anda gunakan untuk melindungi baterai Anda dari perubahan suhu, yang pada akhirnya akan memperpanjang umur baterai. Pastikan Anda mendapatkan kit yang akan memberikan ventilasi yang cukup juga. Ini akan mencegah baterai Anda dari kepanasan saat Anda mencoba melindunginya.

5. Daya penuh

Penting untuk memastikan bahwa baterai mobil Anda diisi setidaknya sekali seminggu. Baterai Anda terus-menerus terkuras bahkan saat mobil Anda mati. Untuk mencegahnya benar-benar terkuras, gunakan pengisi daya baterai mobil Anda atau pengisi daya tenaga surya untuk mengisi daya hingga penuh. Ini akan membantu menjaga masa pakai baterai Anda selama mungkin.

6. Periksa level air

Pastikan Anda secara teratur memeriksa level indikator air aki mobil Anda. Isi ulang dengan air suling kapan pun diperlukan untuk menjaga levelnya tetap tepat. Melakukan hal ini akan menjaga kesehatan aki mobil Anda, meningkatkan masa pakai dalam prosesnya.

7. Cegah pengisian yang berlebihan

Baterai mobil Anda bisa overcharge jika regulator tegangan mobil Anda tidak bekerja dengan baik. Efek paling umum dari ini adalah baterai Anda cepat habis. Anda akan tahu bahwa baterai Anda terisi daya secara berlebihan saat panas untuk disentuh. Begitu banyak hal yang bisa salah jika aki mobil Anda diisi terlalu banyak. Asam sulfat bisa bocor. Gas hidrogen dan oksigen juga bisa dilepaskan, yang mungkin bisa menyebabkan ledakan.

8. Periksa alternator

Jika Anda memiliki alternator mobil yang rusak, itu juga dapat menyebabkan masalah saat mengisi daya. Ini pada akhirnya akan mengurangi masa pakai baterai Anda. Jika baterai Anda tidak terisi dengan benar, Anda akan mendengarnya setiap kali Anda menyalakan mobil. Pastikan Anda segera memeriksakannya ke mekanik sebelum menyebabkan masalah lebih lanjut di mobil Anda.





Baca Juga, Tips Untuk Upgrade Mobil Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here