Pagi saat musim dingin bisa jadi sulit untuk melakukan hal apapun itu, karena lebih nyaman rasanya berbaring diatas kasur. Untuk membantu membuatnya sedikit lebih mudah bagi Anda, kami telah menyusun panduan singkat ini tentang cara menyiapkan mobil Anda untuk mengemudi secara aman saat cuaca dingin. Jika Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk melakukan perjalanan dalam cuaca dingin, berikut beberapa informasinya yang dikutip oleh Otodiva.com dari driversed.com.

Jangan biarkan cuaca dingin merusak hari Anda atau mobil Anda. Trik untuk memanaskan kendaraan Anda dengan benar adalah dengan memanaskan mesin Anda hanya selama diperlukan untuk membuat mobil Anda nyaman dan aman untuk dikendarai. Inilah yang harus Anda lakukan:

1. Pastikan kendaraan Anda berada di tempat yang aman.

Itu harus di udara terbuka, jangan di garasi. Parkir kendaraan anda di tempat terbuka, karena jika didiamkan terlalu lama di ruangan tertutup. Mesin mesin mobil anda selama di diamkan bisa dingin atau mungkin membeku tertutup es.

2. Nyalakan kendaraan dan defogger.

Defroster akan membantu membersihkan jendela saat mesin memanas. Ini berfungsi untuk menghilangkan embun yang menempel pada mobil Anda. Namun jika dinyalakan terus menerus ini bisa mengakibatkan kaca belakang mobil retak.

3. Biarkan mesin menyala selama 30 detik.

Jika cuaca sangat dingin dan kendaraan Anda tertutup salju atau es, berikan waktu satu atau dua menit lebih lama untuk pemanasan. Agar mesin memanas dan es-es yang menempel bisa mencair.

4. Mulailah dengan perlahan dan santai selama 5-15 menit pertama.

Pemalasan yang lama pada mobil Anda bisa berdampak buruk bagi mesin Anda. Apa yang akan membantu adalah memulai perlahan dan santai pada pedal gas selama sekitar 5-15 menit saat berkendara dalam cuaca dingin. Jika tidak, Anda dapat membuat mesin Anda kaget sebelum sempat mencapai tingkat kinerja normalnya.

Manfaat Memanaskan Mesin

Apakah Anda benar-benar perlu memanaskan mesin selama beberapa menit sebelum berangkat? Secara umum diyakini bahwa, dalam cuaca dingin Anda perlu menghangatkan mobil Anda selama beberapa menit sebelum Anda mulai mengemudi untuk mengurangi keausan pada mesin Anda. Faktanya, praktik ini tidak hanya membuang waktu yang berharga tetapi juga membuang bahan bakar yang berharga.

Sebagian besar mobil menggunakan mesin pembakaran dan mesin pembakaran bekerja dengan menyalakan campuran bensin dan udara untuk menggerakkan serangkaian piston yang menggerakkan operasi mobil. Di masa lalu, campuran gas dan udara ini disediakan oleh alat yang dikenal sebagai karburator dan karena cuaca dingin membuat bensin lebih sulit untuk menguap, karburator dapat melepaskan campuran gas-udara yang pada akhirnya akan menyebabkan masalah mesin.

Tapi itu dulu. Pabrikan mobil mulai menghapus karburator pada 1980-an, dan akhir-akhir ini sangat tidak mungkin Anda akan mengendarai mobil yang menggunakan karburator. Jadi kekhawatiran lama tentang start dingin bukanlah kekhawatiran besar.



Baca Juga, 4 Tips Aman Berkendara Mobil Bersama Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here