Berkendara dengan sepeda motor memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Selain dengan harga yang sangat jauh lebih murah daripada mobil, sepeda motor juga menghemat waktu diperjalanan karena mudah menghindari macetnya perkotaan. Namun, setiap kendaraan memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Kekurangan dari sepeda motor yaitu pengendara memilikki potensi lebih besar dalam kesulitan mendeteksi blind spot kendaraan lain terutama yang lebih besar.

Blind spot atau area yang terlihat atau yang lebih sering dikenal dengan titik buta memang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan. Sulit bagi pengendara untuk menjangkau area tersebut termasuk kaca spion. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat blind spot saat berkendara ada beberapa hal yang harus dilakukan pengendara. Berikut tips yang dikutip oleh Otodiva.com dari sumut.idntimes.com. Yuk simak!

1. Mengikuti pelatihan safety riding

Pengendara perlu memahami dan mengetahui dimana are blind spot kendaraannya dan kendaraan lain saat dijalanan. Salah satunya yaitu dengan cara mengikuti pelatihan safety riding, agar pengendara menambah wawasan mengenai blind spot. Rekomendasi tempat pelatihan safety riding salah satunya di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang.

2. Menambahkan kaca spion

Spion berperan sangat penting dalam mendeteksi blind spot. Oleh karena itu pastikan spion anda dalam kondisi yang benar agar secara visual dapat melihat kondisi kanan dan kiri anda saat dijalanan. Anda bisa mendambahkan spion tambahan pada kendaraan anda untuk mengantisipasi blind spot.

3. Mata fokus dan hindari kebisingan

Saat berkendara tentunya mata dan pikiran anda harus fokus pada jalan, karena jika tidak bisa mengakibatka kefatalan. Selain memfokuskan mata, telinga juga harus tetap fokus. Jangan sesekali mendengarkan musik dengan earphone anda saat berkendara. Hal ini berpotensi tinggi mengalami kecelakaan karena tidak bisa mendengar keadaan sekitar seperti klakson dari kendaraan lain yang memberikan peringatan kepada anda.

4. Bunyikan klakson atau lampu

Anda bisa membunyikan klakson atau lampu untuk memberi tahu pengendara lain apabila kita berada pada area blind spot-nya dan segeralah keluar dari area blind spot tersebut.

5. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain

Jaga jarak adalah yang paling terpenting untuk menghindari blind spot. Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, penting bagi pengendara motor untuk membekali diri dengan pengetahuan cara berkendara aman, Karenanya, selain memahami posisi blindspot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan cari aman dalam berkendara, sehingga tidak hanya meminimalisir resiko kecelakaan, namun turut menciptakan budaya berlalu lintas yang tertib dan aman.




Baca Juga, 4 Fakta Soal Spion Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here