Tampaknya merek-merek bintang tiga Grup Volkswagen itu semi-kebal terhadap krisis kekurangan chip semikonduktor. Berdiri sangat kontras dengan rival Amerika mereka, pembuat mobil Jerman seperti VW Group, BMW, dan Mercedes-Benz melewati krisis jauh lebih baik selama berbulan-bulan.  Tapi sekarang stok chip mereka mulai menipis dan ini berarti masa depan yang sulit jika mereka tidak dapat diisi ulang.

Dikutip Otodiva.com dari Carbuzz.com, Menurut Reuters, merek-merek VW itu khawatir kekurangan chip dapat meningkat dalam beberapa bulan mendatang dan ini akan sangat merugikan laba.

“Meskipun ada tanda-tanda bahwa hambatan pasokan untuk semikonduktor mulai mereda, kami memperkirakan kuartal ketiga yang sangat menantang dari perspektif pasokan,” Ujar Alexander Seitz, kepala keuangan merek VW.

Untuk semester pertama tahun ini, produsen mobil berhasil mencapai rekor keuntungan, terutama untuk kendaraan margin tinggi dari Audi dan Porsche.  Porsche Taycan all-electric, misalnya, terus menjadi sangat populer.  Terlepas dari semua kesuksesan ini, kami disarankan untuk tetap berdiri di tanah,” tambah CFO Porsche Lutz Meschke. “Karena terlepas dari ketidakpastian pandemi virus corona, situasi tegang yang terus berlanjut di pasar semikonduktor dapat menjadi nyata di  kuartal ketiga.”

Bulan lalu, kami melaporkan bahwa sebagian besar fasilitas BMW di Eropa mengalami kekurangan chip, yang berarti sekitar 10.000 kendaraan tidak dapat dirakit sepenuhnya.

Masih belum diketahui apakah fasilitas Spartanburg, Carolina Selatan, rumah bagi SUV yang sangat populer, mengalami masalah yang sama.  Ada kemungkinan besar itu akan terjadi cepat atau lambat.  Mengisi kembali pasokan chip industri otomotif bukanlah proses yang sederhana.  Chip berukuran thumbnail ini rumit untuk dibuat.

Mendirikan pabrik tambahan dan meningkatkan output di pabrik yang sudah ada, yang sebagian besar berada di Asia, membutuhkan waktu. Analis tidak percaya semuanya akan kembali normal sampai akhir tahun depan. Sampai saat itu, pembuat mobil seperti VW Group harus bertahan dan menemukan cara kreatif untuk menjaga jalur perakitan tetap bergerak.




Baca Juga, Tesla Model S Plaid Mengalahkan Kecepatan Porsche Taycan Turbo S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here