Sebagian besar kerusakan sebenarnya dapat dihindari jika kita merawat kendaraan kita dengan baik. Anda tidak harus menjadi mekanik yang berkualifikasi penuh, cukup ikuti tips sederhana kami di bawah ini. Terlepas dari pemeriksaan DIY ini, pastikan mobil Anda tetap diservis sepenuhnya. Jika Anda merasa mobil Anda berada di ambang potensi kerusakan meskipun Anda telah berusaha untuk merawat mobil, lihat panduan kami tentang Mendeteksi Kerusakan Mobil. Berikut tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari kentbusinessradio.co.uk. Yuk simak!

1. Ban

Merawat ban pada mobil Anda sangatlah penting. Aturan terpentingnya adalah menjaga kedua tekanan pada level optimal, sambil menjaga kedalaman tapak dalam batas hukum. Di bawah ban kembung dapat menyebabkan ban terlalu panas. Periksa buku pegangan kendaraan Anda yang akan merinci tekanan yang benar dan ikuti panduan pabrikan. Pastikan untuk memperhitungkan beban tambahan yang mungkin Anda bawa karena ini akan memengaruhi seberapa banyak tekanan yang diperlukan. Pastikan Anda menerapkan perubahan apa pun saat ban dingin, karena melakukannya saat panas akan mengaburkan pembacaan.

2. Rem

Tak perlu dikatakan bahwa Anda harus selalu menjaga rem pada mobil Anda. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan kecelakaan langsung dan dapat mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian. Tentu saja pada saat yang sama mereka diuji dengan penuh semangat selama MOT. Jika Anda tidak merawatnya dengan benar, mobil Anda akan gagal dalam tes.

Menjaga mereka dalam keadaan baik datang ke bantalan rem. Selalu pastikan mereka memiliki sisa kedalaman yang cukup di dalamnya, agar tidak terlalu dekat dengan disk yang sebenarnya. aman tebalnya sekitar seperempat inci, yang dapat dilihat dari bagian atas roda. Tanda-tanda bantalan tipis juga merupakan suara gerinda atau mencicit saat Anda mengerem.

Sedangkan untuk rem cakram sendiri juga perlu dicek secara berkala. Mereka akan terlihat mengkilap tanpa goresan besar. Jangan terlalu khawatir tentang goresan kecil karena ini hanya menunjukkan sedikit keausan. Ketidaksempurnaan yang serius harus segera diatasi, karena Anda tidak ingin bantalan aus sampai ke disk. Berbahaya dan mahal untuk mengganti cakram pada bantalan.

3. Lampu

Ini bukan sesuatu yang secara alami muncul di pikiran, tetapi perawatan lampu depan mobil Anda sangat penting. Tidak hanya mereka diperiksa secara ketat selama tes MOT, tetapi tentu saja mereka sangat penting untuk menunjukkan dan mengemudi dengan aman di malam hari. Jika rusak dengan cara apa pun, ini dapat menyebabkan masalah serius terkait keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya. Jika polisi menemukan masalah, Anda akan segera ditarik. Memeriksa lampu Anda sangat mudah, cukup periksa daftar periksa kami:

• Lampu bahaya

Ini juga memeriksa indikator pada saat yang sama, mereka harus berkedip antara 35 dan 85 kali per menit

• Lampu Rem

Anda mungkin memerlukan bantuan teman untuk yang satu ini, kecuali jika Anda dapat melihatnya di pantulan. Tekan pedal rem dan cukup periksa kinerjanya.

• Lampu Mundur

Seperti rem, lampu ini ada di belakang. Hanya menempatkan mobil secara terbalik dan lampu ini akan menyala dengan jelas.

• Lampu depan

Kedua lampu di bagian depan mobil harus memiliki kecerahan yang sama, mengarah sedikit ke bawah dan sedikit ke kiri.

• Main Beam

Cukup jentikkan ini bersamaan dengan memeriksa lampu depan. Akan sangat jelas jika ini berhasil karena kecerahannya yang meningkat.

• Lampu Kabut

Seperti sinar utama, kecerahannya memudahkan pemeriksaan. Pastikan juga lampu peringatan menyala di dalam mobil secara bersamaan.

4. Kaca depan

Kunci untuk menjaga kaca depan yang aman adalah dengan segera memperbaiki retakan. Tidak hanya kunci keselamatan Anda, tetapi mobil Anda juga akan gagal MOT-nya jika pandangan pengemudi terhalang.

Terakhir, perhatikan wiper kaca depan dan cairan washer Anda. Tak perlu dikatakan bahwa jika terjebak dalam cuaca buruk ini sangat penting untuk mengemudi yang aman. Pastikan bilah penghapus tidak retak dan selalu gunakan penghilang es dalam cairan mesin cuci selama bulan-bulan musim dingin.

5. Minyak

Singkatnya, minyak sangat penting untuk menjaga mobil Anda di jalan dan dalam keadaan baik. Jika Anda kehabisan, gesekan menumpuk di mesin yang pada gilirannya menyebabkan panas berlebih. Tentu saja ini adalah masalah serius dan dapat menyebabkan perbaikan yang mahal atau lebih buruk lagi, kegagalan mesin total. Sangat mudah untuk memeriksa level oli Anda, jadi lakukanlah sesering mungkin.

Angkat kap mesin dan temukan apa yang disebut dipstick. Setelah mobil Anda dibiarkan diam selama setidaknya satu jam, lepaskan ini dan periksa apakah oli berada di antara garis yang disarankan. Pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin sebelum Anda memeriksa levelnya karena oli panas akan memberikan pembacaan yang salah. Pastikan juga mobil diparkir di permukaan yang rata untuk memastikan Anda bisa membaca dengan benar.

Jika Anda membutuhkan pengisian ulang, jangan mengisi mobil secara berlebihan karena hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan. Isi ulang sedikit demi sedikit sampai level yang diinginkan tercapai.

6. Air

Baterai di mobil Anda membutuhkan air agar dapat beroperasi dengan benar. Untungnya ini mudah untuk diperiksa, jadi lakukanlah secara teratur. Cukup buka kap mesin, cari baterai dan lepaskan tutupnya. Pada titik ini Anda harus dapat membaca ketinggian air dan menambahkannya jika diperlukan. Ingat Anda tidak dapat menggunakan air keran biasa. Beli air keran yang dirancang untuk penggunaan baterai. Terakhir, seperti halnya oli, jangan mengisi terlalu banyak karena akan mengganggu asam aki.

7. Baterai mobil

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah masuk ke mobil pagi-pagi sekali, mungkin sebelum bekerja atau pergi ke sekolah dan menyadari baterainya habis. Tentu saja ini bukan akhir dari dunia, tetapi ini tentu saja merupakan ketidaknyamanan. Untungnya jika Anda menggunakan mobil Anda secara teratur, ini seharusnya tidak terlalu menjadi masalah. Jika tidak, pastikan untuk menjalankan mobil Anda secara wajar setiap beberapa minggu agar baterai tetap terisi.

8. Pendingin

Sangat penting untuk menjaga sistem pendingin tetap pada mobil Anda. Jika tidak maka dapat menyebabkan overheating yang merupakan masalah besar. Langkah pertama dan paling sederhana adalah menjaga level cairan pendingin tetapi diisi ulang secara teratur. Selalu lakukan ini saat mobil dalam keadaan dingin dan pada permukaan yang rata. Periksa level cairan di radiator, isi ulang cairan pendingin jika diperlukan dan pasang kembali tutupnya dengan kencang dan aman. Saat Anda melakukan ini, periksa retakan atau kebocoran di salah satu pipa di sekitarnya, termasuk klem yang menahan pipa di kedua ujungnya.

Jika ada kebocoran, ini adalah masalah yang harus segera diatasi. Periksa untuk melihat keausan umum dari salah satu pipa, apakah rapuh atau perlu diganti sebelum tumpah? Jika demikian, bawa mobil untuk diperbaiki secepatnya.

9. Steering

Di dekat sabuk power steering Anda akan menemukan reservoir cairan untuk power steering. Ini perlu dirawat secara teratur untuk memastikan power steering tetap berfungsi penuh. Hal ini sangat mudah dilakukan karena sebagian besar waktu reservoir jelas dan mudah dibaca. Beberapa bahkan memiliki dipstick sehingga tidak ada alasan untuk membiarkan ini tidak dicentang. Jika cairannya hampir habis, cukup tambahkan saja, namun jika Anda merasa perlu melakukannya secara teratur, Anda harus membawa mobil ke garasi. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah kegagalan power steering karena ini bisa sangat berbahaya jika Anda mengemudi pada saat itu.

10. Bahan bakar

Jika mobil Anda tidak memiliki tutup bahan bakar yang aman, itu akan gagal MOT. Jika Anda melihat itu retak, rusak, atau bocor lebih buruk, bawa ke garasi lokal Anda untuk diperbaiki. Ini mungkin terdengar jelas tetapi selalu pantau tingkat bahan bakar Anda. Anda akan terkejut berapa banyak

orang kehabisan bahan bakar hanya dengan ‘lupa’ untuk memeriksa pengukur mereka. Bayangkan kehabisan bahan bakar di jalan tol, mungkin dalam perjalanan ke bandara. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengetahui di kepala Anda di mana stasiun layanan berikutnya berada dan tidak pernah mengalami zona merah pada pengukur bensin Anda. Pastikan juga Anda mengetahui jenis bahan bakar yang dibutuhkan mobil Anda.




Baca Juga, 8 Tips Memperpanjang Umur Aki Mobil Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here