Mengapa Merawat Mobil Itu Penting?

Banyaknya uang yang Anda telah habiskan untuk membeli mobil adalah investasi dan investasi memerlukan perawatan. Perawatan mobil secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan kendaraan Anda berfungsi pada tingkat optimal dan mempertahankan nilainya selama mungkin. Bahkan dikatakan bahwa kondisi mobil seseorang menggambarkan tentang karakter mereka, tetapi lebih dari itu mobil yang dirawat dengan baik cenderung tidak menimbulkan masalah dan lebih mudah dijual. Cara merawat mobil dan dasar, perawatan mobil rutin tidak harus menakutkan jika Anda mendekatinya secara metodis dan menyimpan panduan atau daftar periksa untuk mengingatkan Anda.

Perawatan Mobil Sehari-hari

Cara merawat mobil tidak terbatas pada mekanik saja dan rutin mengecek apa yang ada di balik kap mesin. Pemeriksaan cepat mobil Anda setiap pagi sebelum mengemudi selalu merupakan ide yang bagus. Berikut adalah panduan pemeriksaan harian yang dikutip oleh Otodiva,com dari Carbuzz.com untuk membantu memastikan mobil Anda dalam kondisi aman. Yuk simak!

1. Regangkan kaki Anda

Berjalan di sekitar mobil Anda dan periksa ban. Sebuah tusukan mungkin telah berkembang pada perjalanan Anda sebelumnya dan mengemudi dengan ban setengah kempes bisa sangat berbahaya. Ini juga saat yang tepat untuk memperhatikan tonjolan yang mengkhawatirkan di dinding samping.

2. Periksa di bawahnya

Genangan air yang muncul di bawah mobil Anda dalam semalam adalah indikasi kebocoran yang baik di suatu tempat.

3. Di pom bensin

Saat yang tepat untuk pemeriksaan tambahan adalah saat Anda mengisi tangki bahan bakar.  Periksa tekanan ban dan sesuaikan.

4. Visibilitas

Jaga agar kaca depan dan jendela Anda tetap bersih dan bebas goresan untuk memastikan visibilitas yang optimal. Periksa cairan washer dan pastikan wiper kaca depan Anda dalam kondisi baik. Wiper yang retak atau rusak tidak akan bersih, artinya Anda tidak akan dapat melihat dengan baik dalam kondisi cuaca buruk.

5. Nyalakan

Lampu depan, lampu belakang, dan lampu parkir harus berfungsi dengan baik setiap saat, mintalah penumpang untuk membantu Anda memeriksanya.

6. Kosongkan

Biasakan membersihkan sampah dan menjaga kabin bebas dari kekacauan tidak hanya berbahaya jika barang-barang jatuh saat Anda mengemudi, tetapi meninggalkan makanan, kaleng soda, dan sejenisnya tergeletak di bagian dalam pasti akan menimbulkan noda residu. Banyak mobil keluarga seperti Ford Explorer dan Dodge Journey memiliki solusi penyimpanan cerdas untuk menyimpan sampah di satu tempat hingga Anda dapat membuangnya saat berhenti.





Baca Juga, 8 Tips Memperpanjang Umur Aki Mobil Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here