Anda mungkin sedikit menyukai panasnya matahari, tetapi Anda perlu membantu mobil Anda agar tetap dingin saat suhu sedang panas-panasnya. Mesin yang terlalu panas dapat merusak kendaraan dan mengancam keselamatan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang telah Otodiva.con kutip dari Nationwide untuk membantu mencegah mobil Anda dari panas berlebihan. Yuk simak!

1. Parkirkan mobil Anda di tempat teduh

Anda dapat merasakan perbedaan suhu antara tempat teduh dan tempat yang sangat terbuka begitu juga dengan mobil Anda. Parkir di tempat teduh tidak hanya membuat Anda tetap sejuk, tetapi dapat memperpanjang umur mobil Anda. Tidak ada tempat teduh? Anda perlu menggunakan kerai untuk mengurangi panas di dalam mobil.

2. Gunakan penutup jendela mobil

Menggunakan tirai jendela di dalam mobil sangat membantu karena Anda tidak selalu dapat menjamin bahwa Anda akan menemukan area yang teduh atau tertutup untuk parkir. Pelindung panas UV ini akan menjaga interior agar tidak menjadi sangat panas, plus melindungi interior Anda dari efek buruk sinar matahari. Anda bisa membeli tirai ini di e-commerce atau tempat aksesoris kendaraan di sekitar wilayah Anda.

3. Warnai jendela Anda

Dealer lokal atau bengkel bodi mobil dapat menerapkan pewarnaan jendela atau kaca film untuk membantu menjaga mobil Anda tetap dingin, dan memberikan perlindungan sinar UV terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

4. Biarkan jendela mobil terbuka sedikit

Jendela tertutup menjebak udara panas, dan kaca berfungsi sebagai konduktor yang membantu memanaskan ruang tertutup. Biarkan jendela Anda terbuka sedikit agar udara bisa keluar – dan jika Anda memiliki sunroof, buka juga bagian itu. Pastikan lubangnya tidak cukup besar untuk dijangkau seseorang. 

5. Gunakan pengaturan udara segar alih-alih resirkulasi pada AC Anda

Atur AC Anda di udara segar selama sekitar 10 menit. Menggunakan pengaturan resirkulasi berarti Anda hanya memindahkan udara panas yang terperangkap di sekitar kendaraan Anda, jadi ini adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda gunakan setelah mobil Anda sempat mendingin.

6. Perhatikan pengukur suhu mobil

Terletak di dasbor, perangkat ini memiliki jarum yang harus selalu mengarah ke tengah. Jika mengarah ke panas, menepi, matikan mesin dan biarkan mobil menjadi dingin.



Baca Juga, Hindari Hal Ini Jika Kamu Baru Membeli Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here