Pastinya Anda ingin merawat mobil agar tetap bersih dan keren, ada beberapa tips untuk kamu yang ingin mencuci mobil sendiri dan harus diperhatikan saat prosesnya, antara lain harus berhati-hati untuk menghindari baret pada bodi mobil. Pencuci mobil pun harus mengatur tekanan air secara pas untuk menjaga agar cat tidak mengelupas atau luntur. Namun, terkadang kita berpikir disaat mencuci mobil diluar uang yang kita keluarkan untuk membersihkan mobil terlalu banyak. Maka dari itu, kita pasti lebih memilih melakukannya sendiri.

Jika mobil Anda tidak dicuci secara profesional untuk waktu yang lama, Anda mungkin tidak ingin mencucinya sendiri. Namun, jika Anda memiliki mobil baru dan merasa cuci mobil diluar akan menggores cat baru yang mengilap maka lakukanlah sendiri. Nah, berikut tips yang sudah dikutip Otodiva.com dari hotcars.com untuk Anda yang ingin mencuci mobil sendiri. Yuk simak!

1. Apa Saja Yang Harus Digunakan

Mari kita periksa sumber daya yang tersedia terlebih dahulu? Apakah Anda memiliki ember dan waslap, spons, dan lap? Apakah Anda memiliki selang yang cukup panjang sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mengisi ember itu dengan air? Lihat apakah Anda memiliki mesin penekan atau mesin cuci penekan yang tergeletak di garasi atau gudang.

Jika ya, maka pelajari cara memasang dan menggunakannya, agar menghemat banyak air yang dipakai, mari menjaga lingkungan sambil membersihkan mobil. Gunakan wax mobil, sabun cuci mobil, finishing dan semir, semir ban, dan produk lainnya untuk mencuci mobil Anda.

2. Tempat Mencuci Mobil

Pertama, Anda tidak boleh mencuci mobil di bawah teriknya matahari karena Itu akan mematangkan sabun dan busa,  dengan hal itu mempersulit Anda untuk membilasnya, juga membuat Anda kepanasan bekerja di bawah sinar matahari.

Kedua, lokasi tergantung pada bahan yang Anda temukan. Jika Anda menemukan selang yang panjang, maka pilihlah area yang teduh untuk memarkir mobil. Jika Anda memiliki air bertekanan, maka pilihlah area, seperti halaman depan, di mana tidak apa-apa untuk membuat lingkungan sedikit basah. Ingat, inpk,i akan basah, jadi pilihlah tempat dengan tepat untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan pada properti Anda, atau milik tetangga.


3. Apa Yang Anda Butuhkan Dan Apa Yang Seharusnya Tidak Anda Gunakan

Ini sangat penting, jangan pernah menggunakan produk lama milik ayah atau kakek. Tidak memiliki tanggal kedaluwarsa tidak berarti itu baik untuk seratus tahun ke depan. Pilih waslap dengan kain yang tidak akan menggores permukaan mobil baru yang mengkilap.

Cuci sampai bersih setelah digunakan, kotoran yang tertinggal di dalamnya bisa menggores mobil saat digunakan lagi jika tidak dibersihkan dengan benar. Tetapi jika Anda sedang mencuci mobil tua Anda, kaos dan pakaian lama dapat membantu untuk mencuci mobil lama Anda. Memotong jeans lama paling baik untuk membersihkan bagian perut mobil yang berlumpur.


4. Gunakan Ember & Spons

Dari semua bahan yang Anda kumpulkan, Anda akan paling sering menggunakan ember dan spons. Busa spons lebih banyak daripada waslap biasa dan menyerap lebih banyak cairan sehingga lebih efisien digunakan.

Anda dapat menggunakan ember untuk menghemat air dan juga akan membuat Anda lebih mudah untuk mencuci mobil. Sediakan sedikitnya dua ember, satu ember sabun, satunya lagi berisi air untuk membilas dengan cepat.

5. Urutan Untuk Mencuci Mobil 

Pertama Anda bisa melakukannya dari atap mobil terlebih dahulu, jika itu adalah mobil yang lebih besar, Anda mungkin perlu sesuatu untuk mempermudah Anda dalam mencuci mobil. Lakukan sapuan air terlebih dahulu, lalu sabun. Ini ideal untuk mendapatkan seluruh mobil berbusa dan putih.

Setelah itu, bagian spion, pegangan pintu mobil, kaca, sela mobil dan kemudian roda. Ganti waslap (jeans lama) saat mencuci bagian yang benar-benar kotor, seperti bagian dalam penutup lumpur dan lengkungan bagian dalam di sekitar roda.


6. Keringkan & Lap Sisa Air/Kotoran Yang Masih Ada

Sekarang setelah Anda selesai membersihkan seluruh mobil, saatnya untuk mengeringkannya.Tentu saja akan kering secara alami, gravitasi menjaga kita dengan baik, lho. Tapi mari kita bantu mempercepat prosesnya.

Saat mengeringkan, Anda juga akan melihat beberapa titik kotor yang terlewatkan, jadi siapkan ember lagi untuk segera disabun dan dibilas. Dapatkan handuk penyerap super untuk mengeringkan mobil lebih cepat. Ada banyak handuk pengering mobil yang tersedia, pilih yang terbaik.

7. Waxing Mobil

jika Anda berencana untuk melakukan wax mobil maka Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu, tetapi ada wax mobil yang bekerja dengan baik pada permukaan yang basah, jadi periksa produk Anda terlebih dulu. Jika ini adalah pertama kalinya, Anda harus membeli produk wax mobil terbaik. Dapatkan yang terpercaya dan lebih murah agar tidak menyesal jika terjadi kesalahan dan tidak bisa digunakan lagi.

8. Produk Pelengkap

Setelah Anda selesai waxing seluruh mobil, tapi rasanya belum lengkap.Terkadang pekerjaan cat mobil sudah terlalu tua, atau mungkin Anda perlu menyelesaikannya dengan produk lain. Setelah Anda terbiasa mencuci mobil sendiri dan waxing, maka Anda dapat membeli produk lain untuk memberikan kilau yang tahan lama pada mobil Anda. Ada pengkilap ban untuk menghitamkan velg, poles, dan lilin cair serbaguna yang bekerja dengan baik pada jendela dan pelapis bagian dalam. Ayo bersihkan bagian dalam mobil juga. Bersihkan kotoran dari dasbor dan jendela dari dalam.


Baca Juga, Tips Agar AC Mobil Anda Lebih Dingin Dari Biasanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here