Selain cara penggunaannya yang simple, motor matic juga sangat cocok untuk para wanita. Motor matic sudah tidak asing lagi di Indonesia. Namun karena penggunaannya yang praktis, tidak sedikit dari pengendara yang menganggap remeh cara penggunaannya. Motor matic memilki kekurangan, sebab motor ini biasa digunakan oleh pengendara ibukota. Berikut penjelasan yang dikutip oleh Otodiva.com dari otomotif.kompas.com

Sehingga kekurangan pada motor matik, yakni pada saat melewati turunan tajam. Motor matik tidak terlalu memiliki engine brake atau sesatu yang dapat menahan mesin yang dimiliki seperti yang dimiliki motor manual. Maka dari itu, pentingnya bagi pengendara untuk mengetahui beberapa informasi mengenai motor matic. Karena masih kurangnya wawasan tentang cara ini khususnya bagi para wanita. Banyaknya kecelakaan saat motor matic melewati turunan dan kebanyakan korbannya adalah wanita. Pengetahuan ini penting demi keselamatan berkendara baik diri sendiri maupun pengendara lain disekitar kita.

Apabila motor manual lebih dapat menghemat rem karena dibantu dengan engine brake. Sementara ada beberapa cara motor matic untuk melewati turunan terjal dengan aman. Ada cara tersendiri untuk melewati turunan terjal menggunakan motor matik. Ternyata yang harus dilakukan adalah dengan tidak menutup gas secara penuh.

Jangan menutup gas Anda secara penuh, karena dengan menutup gas secara penuh saat di turunan maka yang akan terjadi adalah motor matik seperti los atau bisa digambarkan seperti posisi gigi netral pada motor manual. Tentunya hal ini berbahaya karena tumpuan penahan beban hanya akan dibebankan pada rem kendaraan. Gunakan rem belakang untuk menahan beban kendaraan. Karena, jika menggunakan rem depan yang ditakutkan adalah tumpuan beban berada di depan yang mengakibatkan bahaya.

Apalagi jika jalan berpasir hal itu akan lebih berbahaya lagi, hal ini bisa mengakibatkan Anda terpeleset kemudian terjatuh dari motor. Lebih aman lagi jika menggunakan kedua rem secara bersamaan, namun tetap harus bagian terbesar diberikan kepada rem belakang. Jangan lupa untuk tetap menggunakan pelindung saat berkendara sepertii helm dan sarung tangan untuk meminimalisir saat terjadi kecelakaan.



Baca Juga, Tips Untuk Pengendara Motor Saat Dijalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here